UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda Raih Penghargaan Anugerah Media Humas 2025

JAKARTA, UINSI NEWS — Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda berhasil meraih penghargaan Terbaik ke-2 Kategori Kampanye Komunikasi Publik Perguruan Tinggi Negeri dalam ajang Anugerah Media Humas (AMH) 2025 yang diselenggarakan oleh Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) Kementerian Komunikasi dan Digital Republik Indonesia (KOMDIGI) di Jakarta, Rabu (12/11).

Penghargaan diterima langsung oleh Ketua Tim Humas, Publikasi, Dokumentasi, dan Protokoler UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Agus Prajitno, S.Si.T., M.Eng., didampingi staf Novan Halim, S.H.I., M.H.

Dalam ajang bergengsi tahunan ini, UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda tidak hanya dinobatkan sebagai Terbaik II kategori Kampanye Komunikasi Publik untuk Perguruan Tinggi Negeri, namun juga masuk dalam enam besar nominasi kategori Media Audiovisual.

Nominasi Kategori Kampanye Komunikasi Publik
Nominasi Kategori Media Audiovisual

Direktur Jenderal Komunikasi Publik dan Media, Fifi Aleyda Yahya, dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan AMH tahun ini diikuti oleh 350 perwakilan humas pemerintah dan kementerian/lembaga di seluruh Indonesia. Dari 191 instansi yang mendaftar, terdapat 154 instansi yang berhasil lolos tahap verifikasi dan kurasi penilaian.

“Melalui silaturahmi ini, kita membentuk jejaring komunikasi publik yang efektif dan efisien. Setiap kategori penghargaan merepresentasikan bentuk kerja nyata keseharian humas pemerintah,” ungkapnya.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Digital, Mutya Hafid, menegaskan bahwa humas memiliki peran strategis sebagai jembatan antara negara dan rakyat.

“Humas bukan sekadar pelengkap birokrasi, tetapi bagian penting dari denyut nadi pembangunan nasional. Humas adalah navigator kepercayaan publik, dan kreativitas humas menjadi kunci menghadapi tantangan disinformasi dan hoaks di era digital,” tuturnya.

Dengan mengusung tema “Kolaborasi Humas Satu Suara untuk Indonesia Maju,” AMH 2025 menjadi momentum untuk memperkuat sinergi, inovasi, dan literasi komunikasi publik di tengah arus informasi yang semakin cepat.

Prestasi ini pun tidak lepas dari kolaborasi tim Humas UINSI Samarinda dalam mengemas konten dan dokumen penjurian untuk diajukan pada seleksi AMH 2025.

Kategori Kampenye Komunikasi Publik

Pada kategori kampanye komunikasi publik, Humas UINSI memilih subtema Ekonomi Inklusif dan Berkelanjutan: Penguatan UMKM. Kampanye dilakukan dengan menyusun strategi komunikasi serta konten branding dan launching Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) UINSI Samarinda melalui media digital.

Konten dibuat sebagai bentuk kampanye edukatif dan inklusif untuk meningkatkan awareness masyarakat terhadap kebijakan Sertifikasi Halal dan hadirnya LPH UINSI sebagai mitra penguatan UMKM di Kalimantan Timur, Humas UINSI meluncurkan inisiatif kampanye digital bertajuk #HalalBersamaUINSI selama Juli-September 2025. Kampanye ini juga merupakan upaya membangun perhatian masyarakat menuju Launching LPH UINSI pada 24 September 2025.

Indikator penilaian kategori ini menitikberatkan pada tiga tahap yaitu perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Selain itu, beberapa aspek yang menjadi kriteria penilaian dari kategori ini adalah sebagai berikut:

  • Kedalaman dan kelengkapan analisis
  • Ketepatan identifikasi masalah komunikasi
  • Ketepatan strategi dan taktik komunikasi dengan tujuan dan sasaran komunikasi publik
  • Kesesuaian pemantauan dan evaluasi komunikasi publik dengan tujuan (20%)
  • Kreativitas dan prinsip


Kategori Media Audiovisual

Pada kategori Media Audiovisual, Humas UINSI memilih subtema Peningkatan SDM Berkualitas: Pemberdayaan Perempuan, Anak, dan Pemuda. Melalui video profil Pusat Studi Gender, Anak, dan Disabilitas (PSGAD) UINSI, konten ditujukan untuk menyampaikan pesan mengenai komitmen dan langkah nyata UIN Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda dalam mewujudkan kampus yang adil, inklusif, dan berdaya bagi semua.

Inisiatif ini menjadi bagian dari komitmen UINSI Samarinda untuk mencetak generasi muda yang berkarakter, berdaya saing, dan peduli terhadap kemanusiaan. Sebab peningkatan kualitas SDM tidak hanya tentang kecerdasan intelektual, tetapi juga tentang membangun keberanian untuk saling menghargai, melindungi, dan memberi ruang bagi semua untuk tumbuh — setara dan berdaya.

Indikator penilaian pada kategori ini adalah sebagai berikut:

  • Kemasan konten (Kreativitas, keunikan dan inovasi)
  • Teknik (Komposisi kamera, kualitas audio, dan grafis)
  • Kualitas informasi (Edukasi, narasumber yang tepat, menggunakan data penunjang yang tepat, dan informasi relevan dengan target audience)
  • Tingkat keaktifan akun (Rutin update konten)


Perancang Strategi Komunikasi dan Penyusun Konten
Kampanye Komunikasi Publik, Nisa Rahmawati, S.Pd. (Pranata Humas Ahli Pertama), mengungkapkan rasa syukur atas capaian tersebut. Karena ajang ini diikuti oleh Perguruan Tinggi Negeri ternama se-Indonesia dan UINSI Samarinda merupakan satu-satunya PTKIN yang lolos 6 besar untuk 2 kategori yang dilombakan. Capaian yang tidak terduga dan luar biasa.

“Alhamdulillah, bersaing dengan perguruan tinggi besar di Indonesia dan melihat UINSI Samarinda mampu berdiri sejajar di antara mereka adalah sesuatu yang sangat membanggakan,” ujar Nisa.

Ia menambahkan, “Bagi saya, tugas humas bukan hanya sebatas mengambil foto atau video, tetapi tentang upaya menyampaikan nilai, pesan, dan spirit kampus dalam setiap karya yang dibuat. Setiap karya adalah hasil dari kolaborasi antara data, makna, dan rasa. Kami senang upaya itu diapresiasi di tingkat nasional,” ujarnya.

Senada dengan itu, Muhammad Alfi Hidayat, S.Sos., Videografer Media Audiovisual juga menyampaikan rasa syukurnya karena karya tim Humas UINSI dapat membawa nama baik kampus di kancah nasional.

“Proses kreatifnya cukup menantang, tapi juga menyenangkan karena kami ingin menampilkan semangat inovasi dan kolaborasi dari kampus UINSI Samarinda. Semoga penghargaan ini menjadi motivasi untuk terus menghasilkan karya yang berdampak,” tuturnya.

Agus Prajitno, dalam kesempatan ini menyampaikan rasa syukurnya kepada Allah Swt yang telah mengantarkan Humas UINSI Samarinda meraih prestasi ini. Prestasi ini menjadi bukti nyata bahwa Humas UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda terus berkomitmen untuk semangat berkarya dengan karya terbaik mengembangkan komunikasi publik yang informatif, inspiratif, dan berdaya saing, sejalan dengan semangat digitalisasi yang inklusif dan memberdayakan.

Ucapan terima kasih kepada Tim Kerja Humas yang sudah bekerja keras dan cerdas sehingga membuahkan hasil membawa nama baik UINSI Samarinda di tingkat nasional dan tentunya bagi Kementerian Agama. Yakinlah, Allah tidak tidur dan akan selalu mencintai hamba-hambanya yang terus bergerak beramal dengan tulus ikhlas memberikan kemanfaatan bagi dirinya, sahabat,keluarga, lembaga, negara, dan umat. Teruslah berkarya nyata, tidak sekedar baik tapi persembahkanlah yang terbaik.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) dan Pusat Studi Gender Anak dan Disabilitas (PGSAD) – LP2M UINSI Samarinda:

1. Hj. Maisarah Rahmi Hs., Lc., M.A., Ph.D.
2. Rumainur, M.Pd.I.
3. Di Ajeng Laily Hidayati, M.Si.

atas kerja sama dan kolaborasinya dengan memberikan dukungan, data, dan materi substansi dalam penyusunan konten yang diikutsertakan dalam ajang ini.

Penulis : Novan Halim | Editor : Agus Prajitno

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
LANGUAGE»