by

Rektor Sambut Baik Kunjungan BPCB Bahas Biografi Pahlawan Nasional Sultan Aji Muhammad Idris

-Berita-56 views
SAMARINDA, UINSI NEWS,- Rektor UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda terima kunjungan dari Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Kalimantan Timur bersama dua stafnya. Hadir juga 2 perwakilan Pengurus Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) Kalimantan Timur, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sejarah, dan Asosiasi Guru Sejarah Indonesia (AGSI) Provinsi Kalimantan Timur di Ruang Rektor Kampus II UINSI Samarinda, Selasa (4/1).

Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Wakil Rektor III, Kabiro AUAK, dan Bapak Samsir, M.Hum. (Dosen UINSI Samarinda) hadir siang itu untuk mendampingi Rektor menerima audiensi tersebut.

Kunjungan sekaligus audiensi itu dalam rangka penelitian, kajian, dan telaah bersama tentang sejarah biografi Sultan Aji Muhammad Idris, yang digunakan sebagai nama UIN Samarinda.

Sultan Aji Muhammad Idris sebelumnua juga telah dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada November lalu (10/11).

Berdasarkan hal itu, nama Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda diusulkan menjadi nama fasilitas umum, seperti nama jalan, gedung pemerintahan, dan lainnya.

“Maksud dari kunjungan kami hari ini selain untuk melakukan diseminasi nilai dan keteladanan dari tokoh Sultan Adji Muhammad Idris adalah juga untuk membahas tentang kemungkinan rencana kerja sama lebih lanjut dengan UINSI Samarinda,” Ujar Dr. Muslimin A.R. Effendy, M.Hum. selaku Kepala BPCB Provinsi Kaltim.

Senada dengan yang disampaikan oleh Dr. Muslimin, Rektor UINSI Samarinda menyampaikan terima kasih atas kunjungan dari rombongan BPCB Provinsi Kaltim dan menyambut baik rencana kerja sama tersebut.

“Kami berterimakasih atas kunjungan dari BPCB Provinsi Kalimantan Timur berserta rombongan hari ini. Kami juga tentunya menyambut baik rencana kerja sama yang kedepannya mungkin bisa dalam bentuk kegiatan Seminar dan perjanjian kerja sama atau MoU,” ujar Rektor.

Sultan Adji Muhammad Idris Samarinda yang namanya digunakan sebagai nama Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda telah dianugerahi gelar Pahlawan Nasional melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 109/TK/2021 tentang Penganugerahan Pahlawan Nasional dan resmi menjadi Pahlawan Nasional pertama dari Kalimantan Timur. (humas/ns/rh).