by

Capai Visi Misi bersama Pemerintah Kota, Rektor UINSI Audiensi dengan Walikota Samarinda

-Berita-126 views
SAMARINDA, UINSI NEWS,- Rektor UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda bersama dengan para Wakil Rektor kunjungi Walikota Samarinda dalam rangka silaturahmi dan audiensi di Gedung Balaikota Samarinda. Senin (10/1/2022).

Dalam kesempatan itu, Prof. Ilyasin menyampaikan beberapa hal yang menjadi poin penting dalam audiensi di Gedung Balkot siang itu.

“Secara historis, alih status IAIN Samarinda menjadi UIN dengan tetap mempertahankan nama Samarinda dalam UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda sebagai bentuk rasa memiliki serta wujud peran-serta UINSI dalam pembangunan Kota Samarinda. Nama Samarinda ini juga disematkan sebagai bentuk terima kasih atas perhatian yang telah diberikan Pemerintah Kota Samarinda dalam transformasi IAIN menjadi UIN,” ujarnya.

“Dengan adanya IKN di Provinsi Kalimantan Timur, maka sudah menjadi kewajiban kita semua untuk menjaga eksistensi dan jati diri Samarinda sebagai Kota Ibu Kota, shohibul bayt, yang tidak boleh kehilangan jati dirinya,” imbuhnya.

Rektor juga mengatakan keselarasan visi misi Pemkot dengan UINSI Samarinda yang menjadi pemantik kerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

“Visi Pemkot Samarinda sama dengan UINSI Samarinda, yakni “Terwujudnya Samarinda sebagai Kota Pusat Peradaban”, Visi UINSI Samarinda “Terdepan dalam Pengembangan Peradaban Islam”. Keselarasan ini alangkah baiknya jika dapat diikat dengan jalinan yang kuat melalui sinergi antara program Pemerintah Kota Samarinda dengan UINSI Samarinda. Selain itu juga agar konsep pengembangan wilayah dari Pemerintah Kota dapat lebih dipahami dan lebih akrab dengan seluruh warga masyarakat, UINSI Samarinda bisa dilibatkan untuk saling bekerjasama dalam mencapai visi misi,” ungkapnya.

“Pasca transformasi IAIN menjadi UIN, perhatian Pemerintah Pusat sangat besar, namun perlu adanya partisipasi dari Pemerintah Daerah terutama dalam penyediaan lahan,”

Selaku Walikota yang dilantik Februari 2021 lalu itu, Andi Harun menggarisbawahi bahwa dalam pembangunan harus ada kerja sama yang baik. Beliau juga menyatakan siap hadir ke Kampus untuk pengembangan peradaban Kota Samarinda dan berupaya membantu dalam penyediaan lahan yang tepat sesuai dengan kebutuhan UINSI Samarinda. (humas/ag/ys/rh).