Kenalkan UINSI dan Prodi Hukum, Fakultas Syariah Hadirkan EXPO Fasya 2022

Kegiatan870 views
SAMARINDA, UINSI NEWS,- Fakultas Syariah (FASYA) UINSI Samarinda menggelar EXPO Fasya Ke-5 Tahun 2022 dengan bertemakan “Improve Student’s Understanding on Law Campus, Find out the potential of interest and talent” di lapangan parkir FASYA kampus 2 UINSI Samarinda yang akan berlangsung selama 3 hari, mulai Rabu (18/5) s.d. Jum’at (20/5).

Wakil Dekan 1, Dr. Iskandar, M.Ag., mewakili Dekan Fasya memberikan sambutan sekaligus membuka penyelenggaraan Expo Fasya 2022 (18/5). Pada kesempatan tersebut, ia berharap agar melalui penyelenggaraan Expo Fasya ini, mahasiswa Fasya bisa lebih mengembangkan bakat dan potensi nya.

Selain sebagai ajang untuk mengasah diri, Expo ini juga disebut bertujuan untuk mengenalkan Fakultas Syariah UINSI ke masyarakat luas.

“Tujuan penyelenggaraan EXPO Fasya ini salah satunya adalah sebagai ajang sosialisasi Fakultas Syariah ke masyarakat. Sehingga masyarakat dan khalayak ramai dapat mengetahui kalau UINSI bukan hanya mengeluarkan sarjana pendidikan atau agama saja, tapi ada sarjana ekonomi dan sarjana hukum juga. Tapi tentu di Expo Fasya ini kami lebih mempromosikan keberadaan Fasya,” ucap Yanti Haryani, M.H., Steering Committee Expo Fasya 2022.

Selain itu, Yanti sebut kegiatan ini juga menghadirkan bazar untuk pengembangan ekonomi kreatif dan perlombaan untuk siswa dan mahasiswa se-Kota Samarinda.

“Untuk EXPO Fasya kali ini seperti biasa kami membuat Photo booth dan Stand Bazar UMKM. Untuk merealisasikannya kami juga dibantu gapura pioner dari UKK Pramuka UINSI Samarinda.”

“Sedikit berbeda dari EXPO Fasya di tahun 2021, EXPO Fasya tahun ini hanya membuka 9 cabang perlombaan, yaitu Karya Tulis Ilmiah, Fasya Idol, Nasyid, Sosialisasi Fakultas, MC 2 Bahasa, Photo Produk, Tartil, Kaligrafi, dan Video Reels Instagram,” ucapnya.

“Tahun ini kami tidak membuka lomba Habsyi yang diprioritaskan untuk siswa SMA/SMK/MAN/MA pesantren sederajat dan membutuhkan jumlah anggota banyak, karena saat ini kebetulan banyak siswa sekolah yang sedang melangsungkan ujian sehingga dikhawatirkan tidak bisa mengikuti lomba tersebut,” tambahnya.

Meski hanya membuka 9 cabang perlombaan, Yanti sebut jumlah pendaftar perlombaan pada EXPO Fasya 2022 sudah mencapai 140 peserta. Dari sederet cabang perlombaan tersebut, lomba photo produk diakui sebagai cabang lomba yang paling banyak menarik minat pendaftar.

“Untuk lomba photo produk sejauh ini memang paling banyak peminatnya. Jadi para peserta cukup mengambil foto produk atau foto stand bazar kita lalu menguploadnya di instagram dan tag ke instagram @fasya.zone,” jelasnya.

Yanti juga optimis EXPO ini akan ramai pengunjung karena menggandeng para pegiat UMKM yang memiliki komunitas dan sudah bekerja sama lama dengan FASYA.

“Alhamdulillah, EXPO Fasya di hari pertama ini berjalan lancar dan sesuai ekspektasi serta berlangsung tepat waktu. Walau ada beberapa kegiatan yang berbenturan, namun acara masih terpantau ramai, banyak yang hadir ke expo dan bazar, insyaallah hari kedua dan ketiga bisa lebih ramai lagi. Semoga expo Fasya ini bisa lebih meriah lagi dan bisa mengakomodir bakat dan talent mahasiswa UINSI, khususnya mahasiswa Fasya,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Yanti juga berharap agar kegiatan yang ditujukan sebagai wadah sosialisasi Fakultas Syariah ini bisa membuat masyarakat mengenal Fasya dan UINSI. Lebih lanjut, ia berharap siswa-siswa juga banyak yang tertarik dan bergabung menjadi mahasiswa di UINSI, khususnya Fakultas Syariah.

(Humas, ns)