by

FASYA UINSI Samarinda Selenggarakan Kuliah Umum “Pemilu Demokrasi dan Ibu Kota Nusantara”

-Mahasiswa-43 views
SAMARINDA, UINSI NEWS,- Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda selenggarakan Kuliah Umum perdana dengan tema ”Pemilu Demokrasi dan Ibu Kota Nusantara” pada Tahun Ajaran 2022/2023 di Auditorium 22 Dzulhijjah. Selasa (6/9/2022).

Hadir Dr. Bambang Iswanto, M.HI. Dekan FASYA UINSI Samarinda sampaikan sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan pagi itu. Turut hadir di audit, seluruh Wakil Dekan, Dosen, dan Tenaga Kependidikan FASYA UINSI Samarinda.

“Kuliah Umum merupakan salah satu budaya akademik yang selalu kita selenggarakan dengan menghadirkan narasumber-narasumber ternama, oleh karena itu saya berharap dari kegiatan ini nantinya kita dapat mengambil ilmu dan juga manfaat yang sebanyak-banyaknya. Terlebih, tema dari Kuliah Umum kali ini sangat menarik dengan mengusung tema Pemilu, Demokrasi dan IKN, di mana Kalimantan Timur akan menjadi ibukota baru nantinya.” Ujar Dekan FASYA.

Menampilkan Tari Dayak sebagai tarian sambutan selamat datang dan membawa kekhidmatan melalui lantunan ayat suci Al-Qur’an dari Elriani Putri Rahmadaniyah.

Mendatangkan narasumber dari Sekretariat Forum Dekan Fakultas Syariah dan Hukum PTKIN Se-Indonesia, Prof. Dr. KH. Muhammad Noor Harisuddin, M.Fil.I.

Dalam kesempatan itu, Prof. Harisuddin sampaikan materi dengan mengulas pengalaman observasi beliau ketika mengunjungi IKN. Di podium itu juga, Prof. Harisuddin mengutarakan harapannya kepada mahasiswa dan masyarakat agar tidak hanya menjadi penonton di wilayahnya sendiri.

“Bagi mahasiswa Fakultas Syariah UINSI Samarinda, semoga setelah ini ada banyak penelitian, skripsi, dan tulisan yang muncul dengan mengusung tema IKN. Jangan sampai setelah acara kuliah umum ini selesai tidak dapat outcome apa-apa. Dari kalian IKN akan terbangun, jangan jadi penonton di rumah sendiri, aktiflah berpartisipasi di segala lini demi kemajuan IKN.” Tuturnya.

Kegiatan selanjutnya diskusi tanya jawab bersama mahasiswa dan ditutup dengan penyerahan cinderamata kepada Prof. Dr. KH. Muhammad Noor Harisuddin, M.Fil.I. (humas/fasya/rh).