Pentingnya Pendidikan Inklusi di Perguruan Tinggi

Berita3,274 views
SAMARINDA, UINSI NEWS,- Indriana Rahmawati, M.Pd. sebagai Kepala Pusat Studi Layanan Difabel UINSI Samarinda menegaskan bahwa pendidikan inklusi memiliki arti penting dan berdampak positif bagi seluruh pihak.

Pendidikan inklusi adalah salah satu pendekatan dalam penyelenggaraan pendidikan yang mengedepankan kesempatan belajar bagi semua individu, tanpa memandang perbedaan kemampuan, keberagaman, atau kondisi fisik maupun mental. Konsep inklusi ini muncul sebagai tanggapan terhadap tantangan eksklusi pendidikan yang telah lama menjadi masalah dalam masyarakat.

Pendidikan inklusi di lingkungan perguruan tinggi akan memperkuat pondasi pandangan inklusif dan berkeadilan antarwarga kampus. Hal ini bukan sekedar langkah untuk memberikan peluang belajar kepada individu dengan kebutuhan khusus, tetapi juga merupakan transformasi mendalam terhadap sistem pendidikan yang memberikan dampak yang memiliki relevansi krusial dalam membentuk budaya inklusif, mendukung keterampilan interpersonal, mendorong inovasi dalam pembelajaran, hingga mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi realitas dunia yang semakin kompleks.

Pentingnya Pendidikan inklusi di perguruan tinggi tergambar dengan jelas dalam beberapa aspek utama. Pertama adalah tentang terwujudnya akses yang setara terhadap pendidikan tinggi, sejalan dengan prinsip-prinsip hak asasi manusia, menjembatani kesenjangan sosial, dan menghapus hambatan yang ada bagi individu dengan kebutuhan khusus. Pendidikan inklusi memastikan bahwa setiap individu, terlepas dari perbedaan kemampuan atau latar belakang, memiliki kesempatan yang sama untuk mengembangkan potensi, meraih pengetahuan, dan pengembangan diri melalui pendidikan tinggi.

Pendidikan inklusi menciptakan lingkungan yang beragam, dimana mahasiswa dari berbagai latar belakang dan kemampuan dapat saling belajar dan tumbuh bersama. Dengan demikian akan merangsang pertukaran ide, pandangan, dan pengalaman yang beragam, membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan interpersonal yang sangat penting dan dibutuhkan oleh mereka dalam kehidupan bermasyarakat.

Keterampilan interpersonal yang dibutuhkan oleh individu dalam kehidupan bermasyarakat yang semakin berkembang secara global, perlu diasah dan dilatih secara intensif. Keterampilan tersebut diantaranya adalah keterampilan berkomunikasi dan berkolaborasi, keterampilan interpersonal yang dilatih dalam lingkungan yang beragam dan berkembang dalam budaya, pandangan, dan kemampuan yang berbeda, mempersiapkan mereka untuk menjadi pemimpin yang efektif dan pemecah masalah yang tangguh.

Maka dari itu pendidikan inklusi juga berperan penting dalam mendorong perkembangan pendekatan pembelajaran yang adaptif dan inovatif. Perguruan tinggi perlu merancang kurikulum, metode pengajaran, dan fasilitas pembelajaran yang mendukung semua mahasiswa, termasuk yang memiliki kebutuhan khusus. Hal ini mendorong perguruan tinggi untuk mengembangkan metode pengajaran yang lebih kreatif dan mendalam, sehingga meningkatkan kualitas pendidikan secara menyeluruh. Selain itu, pendidikan inklusi memainkan peran kunci dalam membentuk budaya inklusi di masyarakat.

Semua orang yang terlibat dalam pendidikan inklusi, termasuk dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan akan membawa nilai-nilai inklusif kedalam lingkungan kerja, keluarga, dan komunitas, membantu menciptakan masyarakat yang lebih ramah dan adil. (humas/psld/rh).