SAMARINDA, UINSI NEWS,- Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda meraih capaian dalam ajang Anugerah Media Humas (AMH) 2025 yang digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Digital RI melalui Direktorat Kemitraan Komunikasi Lembaga dan Kehumasan.
UINSI Samarinda berhasil masuk sebagai nominator pada kategori Kampanye Komunikasi Publik dan Media Audiovisual untuk klasifikasi Perguruan Tinggi Negeri.
Anugerah Media Humas (AMH) merupakan ajang tahunan yang memberikan apresiasi atas hasil karya humas pemerintah di seluruh Indonesia. Pada ajang ini pun, UINSI Samarinda berkompetisi dengan Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia.
Capaian ini menjadi bukti nyata komitmen Humas UINSI Samarinda dalam mengembangkan komunikasi publik yang inovatif dan berdampak. Melalui strategi kampanye yang memadukan kekuatan narasi, visual, dan teknologi digital, Humas UINSI menghadirkan pesan yang inspiratif, dekat dengan masyarakat, dan mencerminkan semangat perguruan tinggi Islam modern.
Agus Prajitno, S.Si.T., M.Eng., Ketua Tim Kerja Humas, Publikasi, Dokumentasi, dan Protokoler menyampaikan rasa syukur dan apresiasinya atas capaian tersebut “Alhamdulillah, nominasi ini merupakan hasil kerja kolaboratif seluruh tim humas yang terus berupaya menghadirkan inovasi dalam komunikasi publik. Semoga ini menjadi penyemangat agar kami semakin kreatif dan adaptif dalam menyampaikan pesan-pesan kebaikan UINSI kepada masyarakat,” ujarnya.
Di balik karya yang diikutsertakan, terdapat tim Humas UINSI yang merancang ide dan kontennya dengan penuh dedikasi. Nisa Rahmawati, Pranata Humas Ahli Pertama UINSI yang berperan sebagai perancang konsep dan konten kampanye komunikasi publik Launching LPH UINSI serta penulis naskah video Setara dan Berdaya, menjadi penggerak utama di balik keikutsertaan UINSI dalam AMH 2025.
Melalui pendekatan digital storytelling, Nisa menekankan pentingnya menyampaikan pesan yang sesuai dengan kebutuhan audiens tanpa kehilangan nilai edukatif dan spiritualitas kampus. Nisa juga menekankan bahwa pesan tersebut diperoleh melalui proses yang tidak sederhana, perlu melakukan sejumlah analisis dan pencarian fakta agar konten memiliki makna.
“Dalam membuat kampanye ini perlu disusun rencana komunikasi yang sesuai. Saya melakukan sejumlah analisis dan pencarian fakta tentang topik terkait untuk memperkuat latar belakang kenapa kampanye ini diperlukan. Hal ini dilakukan agar mengetahui strategi dan pesan komunikasi seperti apa yang sesuai untuk audiens UINSI Samarinda,” jelasnya.
“Proses tersebut juga kami terapkan dalam rutinitas pengelolaan sosial media lembaga. Kami ingin setiap konten yang dihadirkan tidak sekadar menarik, tetapi juga bermakna dan berakar pada visi misi UINSI,” lanjutnya.
Sementara itu, penggarapan media audiovisual Setara dan Berdaya, video profil PSGAD UINSI, yang menjadi salah satu nominasi dikerjakan oleh Alfi Hidayat, videografer Humas UINSI. Ia menampilkan visual dinamis dan estetik yang dekat dengan kalangan gen z, peka terhadap preferensi audiens UINSI yang didominasi oleh mahasiswa.
Nominasi ini pun menjadi motivasi untuk Humas UINSI agar terus belajar, sekaligus semangat untuk berani menjawab keraguan dan tantangan.
Pemenang AMH 2025 akan diumumkan pada Malam Anugerah Media Humas, 12 November 2025 di Jakarta. Terlepas dari hasil akhirnya, capaian sebagai nominator ini menjadi pijakan penting bagi UINSI Samarinda untuk terus menghadirkan inovasi komunikasi publik yang humanis, profesional, dan membawa nama baik kampus di tingkat nasional.
Penulis: Nisa Rahmawati
Editor: Agus Prajitno









