by

Pukaha UINSI Samarinda Dukung Percepatan Sertifikasi Halal di Kalimantan Timur

-Berita-18 views
SAMARINDA, UINSI NEWS,- Pusat Kajian Halal (Pukaha) Fakultas Syariah UINSI Samarinda berpartisipasi dalam Rapat Koordinasi Layanan Jaminan Produk Halal di Kantor Wilayah Kementerian Agama RI Provinsi Kalimantan Timur. Senin (19/9/2022).

Turut hadir dari berbagai lembaga dan instansi penyelenggara jaminan produk halal Provinsi Kalimantan timur, dari Majelis Ulama Indonesia, LPPOM MUI, Scofindo, Uls Halal clCenter Unmul, Pukaha UINSI Samarinda, pendamping PPH UINSI Samarinda, BAZNAS Kaltim, dan para pelaku usaha.

Kegiatan ini diselenggarakan sebagai upaya penyamaan persepsi antarstakeholder dalam rangka percepatan sertifikasi halal di wilayah Kalimantan Timur.

“Kita berharap Kaltim bisa berperan penting dalam percepatan sertifikasi halal, jika kita lihat di Saudi Arabia, jamaah haji biasanya disuguhi makanan khas Indonesia, sehingga dalam hal ini kita berpeluang untuk mengekspor bumbu masakan yang tentunya sudah bersertifikat halal.”

“Oleh karena itu, sertifikat halal ini menjadi penting untuk menjamin kehalalan produk-produk tersebut.” Jelas Plt. Kakanwil Kemenag Kaltim.

Rangkaian kegiatan dilaksanakan dengan sistem dialog, beberapa narasumber perwakilan dari MUI, LPH, dan Dinas Kesehatan turut berpartisipasi memberikan masukan dan saran tentang layanan jaminan produk halal di Kaltim.

“Pukaha UINSI Samarinda sangat mendukung tujuan kegiatan ini dan berupaya untuk terus terlibat dan berpartisipasi dalampercepatan sertifikasi halal di Kalimantan Timur.” Ungkap Maisyarah Rahmi (Direktur Pukaha UINSI Samarinda). (humas/fasya/rh).