by

Yudisium 34 Calon Wisudawan Magister, Direktur Pascasarjana : Jumlah Sedikit Bukan Jadi Penghalang Kesuksesan

-Berita-15 views

SAMARINDA, UINSI NEWS,- Direktur Pascasarjana UINSI, Dr. H. M. Tahir, S.Ag., M.M., melepas 34 calon wisudawan pada Yudisium ke XXV Program Magister yang diselenggarakan di Auditorium Kampus 1 Jl. KH. Abul Hasan No. 3, Kamis (24/11).

Hadir pula dalam acara tersebut Wakil Direktur Pascasarjana Dr. Khojir, M.S.I., para Ketua Program Studi lingkup Pascasarjana, dosen, dan staf Program Pascasarjana UINSI Samarinda.

Dr. H. M. Tahir, S.Ag., M.M. dalam sambutannya sampaikan apresiasi kepada para peserta yudisium yang telah berhasil menyelesaikan segala macam rintangan untuk menjadi lulusan magister.

Pada kesempatan tersebut, Dr. Tahir juga bahas tentang pentingnya kualitas SDM untuk kemajuan bangsa.

“Sebagai negara kecil, contohnya Qatar, dengan jumlah penduduk relatif sedikit, negara kecil berhasil bertransformasi dari negara miskin menjadi negara terkemuka, dan mampu membuat event Piala Dunia 2022,” ucapnya.

“Jadi ukuran kecil dan jumlah sedikit bukan menjadi penghalang menjadi maju, yang penting memiliki SDM yang Kuat. Seperti Qatar yang bisa menjadi Negara yang maju dan berkembang,” jelasnya.

“Kita sebagai orang yang ada di Kalimantan Timur tentu tidak ketinggalan dalam membangun IKN di Kaltim, dan sodara-sodara lah yang akan berperan penting untuk mendukung SDM mengangkat IKN tidak hanya terkenal di Indonesia Namun juga di Dunia. Dengan gelar dan ilmu pengetahuan maka akan membuka peluang menjadi suskes dimana Bapak dan Ibu berada,” tambahnya.

“Kembangkan terus ilmu yang didapat, baik didalam maupun diluar kampus,” tegasnya.

Selain itu, Yudisium Pascasarjana kali ini juga dihidupkan dengan pesan dari mahasiswa lulusan terbaik, Rahma Fitri Purwaningsih, M.Pd., dengan IPK 4.0 melalui pantun yang berkesan.

Berasap kepala hingga mengepul
Membawa sayur diatas bakul
Meskipun tesis hampir membuat gundul
Kami tetap bangga menjadi magister dari kampus dan dosen yang unggul

Balonku ada lima
Cantik indah, banyak warnanya
Selamat magister kepada rekan pascasarjana
Lulusan hebat, sudah pasti dari UINSI samarinda

Dalam pesan dan kesannya, Rahma juga garisbawahi perbedaan selama menempuh pendidikan Sarjana dan Magister di UINSI Samarinda.

 

“Belajar di pasca juga menyenangkan, beda banget dari S1.. kenapa? Karena ada bapak/ibu semua.. Bapak/ibu yang jauh lebih berpengalaman, bapak/ibu yang sudah terbiasa menghadapi banyak masalah dan problem solving yang pragmatis dibandingkan seusia saya yg sifatnya masih teoritis, bapak/ibu dengan sikap dewasa yang luar biasa maa syaa Allah menganggap saya dan teman-teman seusia saya seperti anak dan teman bagi Bapak/ibu,” ucapnya.

Mahasiswa lulusan terbaik pada wisuda sarjana tahun 2020 ini pun juga optimis mahasiswa lulusan UINSI Samarinda memiliki kompetensi yang unggul, tidak hanya saat belajar di bangku kuliah, tapi juga berkompeten di pekerjaan dan di tengah masyarakat sesuai bidangnya masing-masing.

Rahma Fitria kembali akhiri pesan kesannya dengan pantung yang kreatif.

Cek plagiasi dengan turnitin
Pusing kepala meulah kata
Tiada lagi tekanan batin
Magister UINSI, luar biasa

Ada kera ada buaya
Ada cerita ada kenangan
Cantik tampan waktu wisuda
Jangan lupa bawa gandengan

Selamat kepada seluruh calon wisudawan Pascasarjana UINSI Samarinda, semoga gelar ini membawa berkah dan manfaat bagi semua. (humas, im, ns)