Tandatangani Perjanjian Kerja Sama, UINSI Samarinda Dukung Pemkab Kukar Tingkatkan Kualitas Guru

Berita406 views

TENGGARONG, UINSI NEWS,- H. Suriansyah, S.Ag., M.Pd., Kepala Biro AUPK UINSI, wakili Rektor UINSI untuk hadiri Upacara Hari Guru Nasional 2022 sekaligus mewakili Rektor untuk penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara dengan sejumlah Perguruan Tinggi di Kaltim, termasuk UINSI, tentang peningkatan Kompetensi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Program bantuan Beasiswa bagi Tenaga Pendidik Non PNS di Kukar.

Upacara Hari Guru Nasional 2022 dan penandatanganan Nota Kesepahaman ini berlangsung di Kantor Bupati Kukar. Senin (28/11).

Pada kesempatan tersebut hadir secara langsung Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah
M.Si. selaku Pembina Upacara pada Hari Guru Nasional. Seremoni ini juga dihadiri oleh jajaran pejabat di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Kukar.

Selain UINSI Samarinda sebagai mitra kerjasama Pemerintah Kabupaten Kukar, turut hadir perwakilan dari Perguruan Tinggi mitra lainnya, yaitu dari perwakilan Universitas Kutai Kartanegara, Universitas Mulawarman, Universitas Terbuka Samarinda, Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda, dan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

Perjanjian Kerja Sama yang ditandatangani ini merupakan wujud upaya untuk mengimplementasikan Program ‘Kukar Idaman’ Misi ke-2 yakni “Meningkatkan Pembangunan SDM yang berakhlak mulia, unggul dan berbudaya” serta program Beasiswa termasuk beasiswa bagi 1000 sarjana Guru.

Sebelumnya, Bupati Kukar telah melakukan kerja sama dengan 14 perguruan tinggi di Kaltim dan untuk mempercepat serta mengimplementasikan kebijakan pengembangan sumber daya manusia di Kutai Kartanegara, Bupati Kukar kembali melakukan kerja sama dengan enam perguruan tinggi, termasuk UINSI.

Salah satu tujuan yang ingin dicapai dari perjanjian ini adalah bagaimana meningkatkan kompetensi dan standarisasi para pendidik (Guru), sehingga diharapkan guru-guru di Kukar berkualitas dan akan menghasilkan peserta didik yang berkualitas pula.

“Hal ini merupakan suatu tekad dan momentum untuk peningkatan kesejahteraan guru. Melalui program ini, harapannya Pemerintah Kukar dapat mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan guru adalah ujung tombak untuk mewujudkan visi misi tersebut,” ucap Bupati Kukar.

“Saya sudah menandatangani Nota Kesepahaman atau kerjasama bidang Peningkatan Kompetensi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan 6 Perguruan Tinggi yang ada di Kaltim sebagai salah satu upaya mengimplementasikan Program ‘Kukar Idaman’,” lanjutnya.

“Sebagai bentuk komitmen atas visi misi kami, pemkab Kukar memberikan peluang bagi para pendidik atau guru untuk kembali memperluas wawasannya dengan kuliah lagi, melalui program beasiswa 1000 sarjana,” tambahnya.

Menanggapi hal ini, Kabiro AUPK UINSI, turut sampaikan dukungan atas program pemerintah Kabupaten Kukar dan Bupati Kukar untuk memberikan peluang kesejahteraan karir dengan beasiswa pendidikan tersebut.

Kabiro juga sampaikan UINSI akan berupaya semaksimal mungkin untuk mendukung program ini dengan memenuhi pasal-pasal perjanjian yang sudah disepakati dan ditandatangani kedua belah pihak. (humas/im/ns)