Wisudawan Berprestasi dengan Hapalan 30 Juz, M. Iberahim Mahmud: Saya berazam untuk berbakti wasilah Al-Qur’an

Mahasiswa699 views
SAMARINDA, UINSI NEWS,- Muhammad Iberahim Mahmud, Wisudawan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab menerima penghargaan atas prestasi Hafidz Qur’an 30 Juz dari Rektor UINSI Samarinda pada Wisuda Sarjana XXXIX dan Magister XIV Tahun 2022. Senin (28/11/2022).

Iberahim mengaku bahwa motivasi terbesar menghafalkan Al-Qur’an datang dari Ayahnya.

“Yang benar-benar pertama kali menjadi motivasi saya menghafal al-Qur’an adalah orang tua saya, terutama abah yang menjadi pembimbing dan panutan saya. Beliaulah yang pertama kali mengajarkan iqro, dari beliau juga saya belajar menghafal surah-surah pendek.”

“Selain itu juga kakak saya yang lebih dulu dua tahun masuk ke UINSI Samarinda yang sebelumnya masih IAIN Samarinda, mengikuti Program Tahfidz Pesantren Kampus Ma’had al-Jami’ah. Beliau dapat menghafalkan al-Quran yang menyebabkan saya berpikir untuk mengikuti jejaknya, menghafal beberapa juz dari al-Qur’an.”

Wisudawan PBA itu mulai menghafalkan Al-Qur’an sejak di bangku sekolah sekitar tahun 2018 dan turut serta dalam ajang MTQ.

“Hingga Mei 2018, pertama kali saya mengikuti MFQ dan langsung masuk babak final di MTQ Provinsi di Berau yang kemudian banyak merubah mindset saya, ternyata al-Qur’an sesuai firman-Nya mudah untuk dihafalkan, perlahan ayat demi ayat, sehingga semakin membulatkan tekad untuk menghafal melalui Program Tahfidz di UINSI Samarinda.”

Iberahim berharap hafalan Al-Qur’an yang telah ia usahakan ini dapat dinilai ibadah oleh-Nya sebagai wujud bakti kepada kedua orangtuanya.

“Seiring dengan berjalan waktu, ditambah ditinggal oleh kedua orang tua pada tahun 2020 dengan jarak empat bulan, semakin membulatkan ‘azam dan motivasi untuk berbakti kepada keduanya melalui wasilah al-Qur’an.”

Ia juga berharap agar bisa selalu istiqamah menjaga dan mengamalkan Al-Qur’an.

“Mudah-mudahan dengan berkat para Guru dan semua yang mendoakan, bisa dimudahkan dan dilancarkan untuk istiqomah dalam menjaga dan mengamalkan Al-Qur’an.”

“Kepada Program Tahfizh Ma’had Al-Jami’ah UINSI Samarinda semoga semakin banyak melahirkan pada Hafidz yang membumikan dan mengamalkan Al-Quran wabil khusus dari UINSI Samarinda yang mahasantrinya nanti bisa semakin menebar kebermanfaatan bagi umat, agama, dan Negara.” (humas/rh).