19 PNS UINSI Samarinda Terima SK Kenaikan Pangkat

Berita711 views

SAMARINDA, UINSI NEWS,- 19 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan UINSI Samarinda terima Surat Keputusan (SK) Kenaikan Pangkat di Aula Lt.3 Rektorat Kampus 2 UINSI Samarinda, Kamis (1/12).

Pada kesempatan tersebut, Kabiro AUPK UINSI, H. Suriansyah, S.Ag., M.Pd. sampaikan 4 tujuan organisasi, yaitu bagaimana organisasi itu dilakukan scara efektif dan efisien; Keandalan laporan keuangandari sisi sistem perencanaan sampai sistem pelaporan; Keamanan aset dari sisi fisik, administrasi, dan hukum; serta kepatuhan terhadap aturan perundang-undangan.

“Kelihatannya memang cuma 4, tapi ini bukan hal simpel. Apa yang ingin dituju oleh organisasi akan dikerjakan oleh kita sebagai pegawai. Oleh karena itu pegawai diharapkan dan dituntut untuk bekerja sesuai aturan perundang undangan,” tegasnya.

Lebih lanjut, Karo juga ingatkan adanya Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) sebagai pengawas lembaga.

“Kita di UINSI Samarinda tentu sama dengan organisasi yang lain. Kita punya Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) sebagai pengawas. Kalau diinternal kita yaitu Itjen dan yang eksternal contohnya seperti BPK hingga KPK yang tugas pokok dan fungsinyaa melakukan pengawasan dan audit,” jelasnya.

“Tapi Itjen saat ini mindset-nya sudah berubah. Mindset-nya dari melakukan atau memberi hukuman sekarang berubah menjadi pendampingan,” ucapnya.

“Dalam pengawasan dan pendampingan ini ada 5 hal utama, yaitu kelola orang, kelola barang, kelola uang, kelola program, serta kelola data dan informasi. Kalau ini semua sudah sesuai sistem dan tertata dengan baik maka organisasi kita akan menjadi andal,” lanjutnya.

Dalam konteks pegawai, Karo ingatkan kerja itu tidak hanya sebagai ibadah. Bekerja itu adalah harga diri, bekerja itu adalah seni. Tidak hanya membahas hasil tapi juga proses.

“Dengan kenaikan pangkat ini kita merapikan akuntabilitas dan kredibilitas kinerjanya, terutama kedisiplinan,” tegasnya.

Sepaham dengan Karo, Wakil Rektor I UINSI yang hadir mewakili Rektor UINSI juga sampaikan pentingnya bekerja secara tuntas.

“Dengan kenaikan pangkat ini saya mewakili Rektor, mari kita bersama-sama evaluasi diri sendiri. Dalam bekerja itu jangan mencontoh teman-teman yang tidak produktif. Kita contoh teman yang produktif, disiplin, dan rajin,” ucapnya.

“Setelah evaluasi diri, kita juga perlu mempersiapkan diri menjadi oegawai yang profesional. Pegawai peofesional perlu sikap kerja, pengetahuan kerja, keterampilan kerja, dan laporan kerja yang bagus. tuntas,” tambahnya.

“Kita rancang diri kita ingin jadi apa kedepan dan persiapkan untuk itu. Saya dari awal sudah merancang diri saya untuk menjadi profesor kurikulum, jadi kegiatan saya semua saya rancang kearah itu. Bekerja dengan ikhlas dan Insyaalah akan dimudahkan,” lanjutnya.

Diakhir sambutannya, WR I UINSI juga ucapkan selamat kepada 19 PNS UINSI yang telah menerima kenaikan pangkat dan serahkan SK secara simbolis. (humas/ns)