FGD Evaluasi Pembelajaran Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023

AKADEMIA, Berita812 views

SAMARINDA, UINSI NEWS,- Focus Group Discussion (FGD) Evaluasi Pembelajaran Semester Ganjil Tahun Akademik 2022/2023 dengan tema “Implementasi & Penguatan Kurikulum Merdeka” Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda di Ballroom Hotel Grand Sawit, Samarinda. Jum’at (30/12/2022).

Hadir Wakil Rektor I Prof. Dr. Muhammad Nasir, M.Ag. sampaikan apresiasi terhadap kinerja prodi yang berupaya untuk meningkatkan kualitas dari aspek pembelajaran dan prodi, SDM, hingga publikasi.

“Tahun 2022 ini kita banyak mendapat prestasi, prodi yang unggul, tiga puluh tiga jurnal yang alhamdulillah satu jurnal sudah terindeks scopus.”

“Perlu didiskusikan bersama bagaimana untuk memaksimalkan peminat mahasiswa baru untuk prodi-prodi baru. Sosialisasi jangan hanya Kaprodi. Wakil Rektor, Dekan, dan Dosen juga ikut sosialisasi ke daerah-daerah.”

WR I juga mengatakan perlunya menciptakan lingungan akademik diantara mahasiswa untuk memperkuat dunia akademik dan semakin bersaing dengan mahasiswa luar.

“Penciptaan suasana akademik kita masih lemah, belum ada kegiatan yang memperkuat akademik, seperti diskusi-diskusi antarmahasiswa atau bahkan lintas mahasiswa.”

Rektor UINSI Samarinda turut hadir menyampaikan berita gembira dan pesan agar terus berusaha meningkatkan kualitas, diantaranya melengkapi ketersediaan prodi-prodi umum.

“Dengan semangat kerja dan sama-sama kerja, alhamdulillah UINSI Samarinda mendapatkan penghargaan layanan humas terbaik untuk PTKIN tahun 2022 ini.”

“Memaksimalkan upaya perekrutan SDM untuk membangun prodi-prodi baru, ketika sudah menentukan rencana untuk membuka program studi baru tahun depan, maka kita harus mempersiapkan SDM-nya dahulu dalam rangka percepatan menuju UIN yang benar-benar rasa UIN.”

“Sistem PBAK, materi, dan target sasaran harus benar-benar dikaji tuntas dan dipersiapkan agar informasi seperti UKT itu tidak mengganggu sistem yang lain dan tidak terulang lagi.”

Rektor juga memberikan amanat untuk memaksimalkan pencegahan kekerasan seksual, tindak lanjut kerja sama atau memorandum of understanding, dan komitmen untuk terus berinovasi meningkatkan mutu.

“Tugas pokok kita tidak ada yang lain selain bagaimana meningkatkan mutu pendidikan kita, untuk kemajuan UINSI Samarinda itu sendiri.”

FGD ini dihadiri oleh Kabiro AUPK, Dekan dan Wakil Dekan, Direktur dan Wakil Direktur Pascasarjana, Ketua Jurusan, Koordinator Prodi dan Sekretaris Prodi, Kepala Unit, Ketua dan Sekretaris Lembaga, Sub Koordinator Kemahasiswaan, Kasubbag Layanan Akademik, Sub Koordinator Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas, Sub Koordinator Humas, dan JFU Akademik dan Kemahasiswaan. (humas/rh).