FEBI UINSI Menghadirkan Prof. Mujiburrahman sebagai Narasumber Seminar Moderasi Beragama

Kegiatan781 views
SAMARINDA, UINSI NEWS,- Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam menggelar Seminar Moderasi Beragama bertajuk “Aktualisasi Wawasan Moderasi Beragama di Lingkungan Kampus” di Aula FEBI Lt. 1, Kampus II UINSI Samarinda.

Selaku Rektor UINSI Samarinda, Prof. Yasin menyambut kehadiran Prof. Mujiburrahman, S.Ag., M.A. yang saat itu menjadi narasumber.

Dalam kesempatan itu juga, Prof. Yasin menuturkan bahwa seluruh warga kampus akan disorot dalam hal moderasi beragama sehingga moderasi dan toleransi menjadi hal yang harus diimplementasikan .

“Selama kita menjadi stakeholder di kampus, kita akan menjadi wujud pengejewantahan moderasi. Kesadaran beragama dengan sikap yang toleran harus terimplementasi dengan baik karena itu menjadi hal yang penting bagi kita semua terutama ditengah masyarakat,” ujarnya.

Menurut Prof. Mujib, moderasi beragama hadir sebagai respon terhadap liberalisme dan radikalisme. Di zaman Soekarno, muncul persoalan ideologi politik dimana agama menjadi unsur mutlak dalam membangun negara (nation building). Kemudian, di era Soeharto, sisa pertarungan tersebut diselesaikan dengan kerukunan. Hingga akhirnya di era reformasi muncul aliran yang beraneka ragam, pandangan yang liberal, praktik agama yang radikal, bahkan muncul agama baru.

“Mulai dari situlah ada gagasan moderasi beragama yang mengutamakan toleransi, tetap menjaga keutuhan bangsa dengan praktik beragama yang anti kekerasan, bahkan juga akomodatif terhadap budaya lokal.” (humas/rh/li).