Doktor Termuda UINSI Samarinda dalam Bidang Hadis Menerima Penghargaan Yayasan RI (Dato’ Haji Rizalman Bin Ibrahim)

SELANGOR, UINSI NEWS,- Universitas Islam Negeri Sultan Idris Samarinda (UINSI Samarinda) mencatat sejarah baru dengan menambah seorang doktor termuda dalam bidang hadis. H. Muhammad Hasan, M.I.S., Ph.D., berhasil mencapai prestasi luar biasa ini pada usia 31 tahun.

Hasan merupakan seorang lulusan Universiti Kebangsaan Malaysia, telah menunjukkan dedikasi yang luar biasa dalam mengejar ilmu hadis. Dengan umur yang relatif muda, pencapaiannya sebagai doktor adalah bukti konsistensinya dalam mengejar keunggulan akademik.

Judul tesis Ph.D H. Muhammad hasan, M.I.S., Ph.D., yang berjudul *“KAEDAH BERINTERAKSI DENGAN HADIS MURSAL OLEH SYEIKH MUHAMMAD ZAKARIYYA AL-KANDAHLAWI”* menarik perhatian dalam dunia akademik. Tesis ini menggambarkan kecerdasannya dalam menganalisis dan memahami hadis mursal oleh Syeikh Muhammad Zakariyya al-Kandahlawi.

Momen bersejarah terjadi pada Majlis Pengiktirafan Penyelia, Pemakaian Jubah Graduan Doktor Falsafah dan Penyampaian Sijil FPI yang telah diadakan pada jumat, 24 november 2023, di mana H. Muhammad hasan mengenakan jubah Doktor untuk pertama kalinya yang langsung dipakaikan oleh pembimbingnya yaitu Prof. Madya Dr. Latifah Abdul Majid dan Dr. Fadlan Mohd Othman.

Acara ini menandai peralihan dari seorang mahasiswa menjadi seorang cendekiawan yang dihormati.

Majlis Konvokesen ke-51 Univerisiti Kebangsaan Malaysia (dalam bahasa Indonesia wisuda) diadakan pada senin, 27 november 2023. UINSI Samarinda bersiap untuk merayakan prestasi luar biasa ini bersama-sama dengan H. Muhammad hasan, yang akan menerima pengakuan resmi atas jerih payahnya.

Sebagai doktor termuda di bidang hadis. H. Muhammad hasan diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi bagi generasi muda untuk terus semangat dalam mengajar cita-cita dan belajar setinggi mungkin. Keberhasilannya menciptakan landasan untuk penelitian lanjutan dan kontribusi bermakna dalam memahami warisan keilmuan islam terutama dalam bidang hadis.

Pada kesempatan yang berbahagia tersebut juga H. Muhammad Hasan mendapatkan juga mendapat penghargaan dari yayasan RI (Dato’ Haji Rizalman Bin Ibrahim). Penghargaan tersebut diberikan kepada seorang alumni Doctor of Philosophy yang memiliki dedikasi tinggi terhadap dunia Islam terutama dalam bidang Al-Quran and Al-Sunnah Studi.

UINSI Samarinda dan civitas akademiknya menyampaikan ucapan selamat yang tulus kepada H. Muhammad hasan, M.I.S., Ph.D., atas pencapaiannya yang luar biasa, serta harapan terbaik untuk terus bersinergi dalam memajukan UINSI Samaridan ke depannya. (Humas)