Skip to content

Laporan Evaluasi dan Capaian Publikasi Humas UINSI Samarinda Tahun 2022

SAMARINDA, UINSI NEWS,- Humas UINSI Samarinda selama tahun 2022 telah melakukan pelayanan informasi dalam kategori Cukup Baik yang dilihat dari ketercapaian tiga sasaran strategis yang menjadi indikator kinerja utama, yakni pemberitaan media internal dan eksternal terkait kebijakan, program, dan capaian Humas UINSI Samarinda; interaksi akun media sosial; dan indeks kepuasan layanan informasi.

Evaluasi dan capaian publikasi humas ini dideskripsikan berdasarkan jenis media yang digunakan, yaitu media sosial (Instagram, Twitter, dan Facebook), dan media online (YouTube dan Website).

Instagram dengan akun @uinsisamarinda merupakan platform pilihan dan memiliki jumlah pengikut paling banyak dibandingkan twitter dan facebook berdasarkan hasil survey Humas UINSI Samarinda. Hingga akhir tahun 2022 memiliki jumlah pengikut sebanyak 15.628 followers yang meningkat sekitar 1.26 persen dari tahun 2021.

Total unggahan mencapai 1052 publikasi, termasuk 22 reels, 42 video, dan 988 unggahan berupa breaking news, pamflet, dan informasi lainnya. Seluruh unggahan tersebut berhasil menarik perhatian sebanyak 806.226 likes dan dan 1.735 komentar. berdasarkan data jumlah unggahan dan interaksi untuk media sosial Instagram telah berhasil melampaui target indikator kerja yang telah ditetapkan.

Twitter @uinsisamarinda baru dibuat pada bulan Oktober 2021, sehingga baru memiliki 30 pengikut dan 120 tweet yang berhasil menarik 38 likes dengan 8.024 impresi. Jumlah ini pun tercatat mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2021 yang hanya 55 tweet dan 1.385 impresi, namun demikian jumlah tweet masih belum memenuhi target indikator kerja yang sudah ditetapkan.

Halaman Facebook dengan akun UINSI Samarinda diikuti oleh 5.401 orang dan disukai oleh 5.000 orang. Postingan pada halaman Facebook UINSI Samarinda merupakan hasil unggahan dari instagram, twitter, dan website UINSI. Jumlah ini menunjukkan peningkatan sebanyak 473 pengikut dari tahun 2021. Berdasarkan data insight pada tahun 2022, Facebook UINSI Samarinda memiliki 133 unggahan dan jumlah ini masih berada dibawah target indikator kerja yang sudah ditetapkan.

YouTube UINSI Samarinda memiliki peningkatan jumlah penayangan pada tahun 2022 dengan total 34.600 penayangan dari 56 video dan 3.036 subscribers. Video pelaksanaan wisuda memang mendatangkan jumlah penonton yang massive. Pelaksanaan wisuda tahap II pada bulan Juli 2022 menjadi video yang paling banyak ditonton dari rangkaian video pelaksanaan wisuda sepanjang tahun 2022.

Video Profil UINSI Samarinda dan video UINSI Samarinda PMB 2022 juga menyumbangkan cukup banyak subscribers baru. Video Profil UINSI Samarinda ditayangkan sebanyak 1,4 ribu kali dan Video UINSI Samarinda PMB 2022 ditayangkan sebanyak 1,3 ribu kali yang kemudian berdasarkan data tersebut capaian akun YouTube telah melampaui target indikator kerja yang sudah ditetapkan.

Selama tahun 2022, tim Humas UINSI Samarinda telah memproduksi sebanyak 368 berita online dengan total 63.633 pembaca. Jika dibandingkan dengan produksi berita online pada tahun 2021, jumlah berita online tahun 2022 jauh meningkat. Namun, jika dibandingkan dengan view berita online Humas pada tahun 2021 yang mencapai 110.235 pembaca, jumlah pembaca tahun 2022 ini mengalami penurunan hingga 46.602 viewers.

Humas UINSI Samarinda telah melakukan kerja sama dengan sejumlah media terkait publikasi dan penyiaran, yaitu Koran Kaltim, Kaltim Post, RRI, Disway Kaltim, Islamic Center Provinsi Kaltim, Tepian TV, dan Kaltimtara TV. Koran Kaltim menjadi rekanan yang paling aktif mempublikasikan UINSI Samarinda. RRI dan Islamic Center masing-masing juga telah memiliki program bersama UINSI Samarinda.

Selain itu, Humas UINSI Samarinda jug menerima penghargaan Humas Kemenag Award Tahun 2022 Kategori Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri se-Indonesia peringkat ke-3 terkait publikasi Hari Toleransi Nasional dan Moderasi Beragama (humas/Ag).

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
LANGUAGE»