Jadi Pionir Pendidikan ASEAN, FTIK UINSI Samarinda Held The National Seminar and Students’ Academic Forum

Berita1,173 views
SAMARINDA, UINSI NEWS,- Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda gelar Seminar Nasional dan Students Internasional Academic Forum dengan mengusung tema “Peta Pendidikan di ASEAN” tanggal 24 s.d. 25 November 2021.

Secara virtual, Wakil Rektor I Dr. Muhammad Nasir sampaikan konsep tujuan pendidikan sekaligus membuka agenda Nasional pagi itu.

“Tujuan pendidikan secara konsep ke arah 4 hal, pertama mengarah kepada bagaimana melahirkan generasi yang memiliki kecerdasan spiritual dengan konsep humanistik. Kedua diarahkan kepada lulusan yang memiliki kecerdasan sosial, responsibilitasnya tinggi. Ketiga, memiliki kompetensi di bidang kognitif model konsep kurikulum subjek akademik. Terakhir, model konsep kurikulum yang mengarahkan pada keterampilan. Di Indonesia, kita sudah mengenalnya sebagai KI1-4,” ujar Doktor bidang kurikulum itu.

Seminar Nasional FTIK UINSI menghadirkan 3 Narasumber utama Prof. Dr. H. Tobroni, M.Si. (Guru Besar UMM Malang), Dadang Hermawan, M.eD (Kepala Sekolah Indonesia, Kota Kinabalu, Sabah-Malaysia), dan M. Farid Maruf, Ph.D (Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur, Malaysia).

Tidak hanya itu, Seminar dengan nuansa kerja sama internasional ini melangsungkan agenda Students Internasional Academic Forum dengan Speakers dari Mahasiswa alumni BUAF Ke-5 dari FTIK UINSI Samarinda Indonesia, juga turut menghadirkan Mahasiswa luar negeri dari Universiti Teknologi Mara Shah Alam Malaysia, dan Universiti Islam Sultan Sharif Ali UNISSA Brunei Darussalam.

Naomi Ainun Hasanah (Mahasiswa PAI KKI UINSI Samarinda), Muhammad Arif Syukri bin Suhani (Mahasiswa Universiti Teknologi Mara Shah Alam, Malaysia), Dewi Maria (Mahasiswa KKI UINSI Samarinda), Nurninashahawana Hj Osmara (Mahasiswa Universiti Islam Sultan Sharif Ali, UNISSA Brunei Darussalam), dan Nur Nilam Sari (Mahasiswa TBI UINSI Samarinda). (humas/rh).