by

Desain Masa Depan UINSI Samarinda, LPM Selenggarakan Workshop Penyusunan Renstra

SAMARINDA, UINSI NEWS, – Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda selenggarakan Workshop Penyusunan Rencana Strategis (Renstra) mulai hari Rabu (1/12) sampai dengan Kamis (2/12) di Aula Lt. 3 Rektorat Kampus 2.

Renstra (Rencana Strategis) merupakan suatu dokumen perencanaan yang berorientasi pada hasil yang ingin dicapai dalam kurun waktu 1 – 5 tahun kedepan dengan mengedepankan tugas dan fungsi Perguruan Tinggi yang memperhitungkan perkembangan lingkungan strategis.

Demi keefektifan pencapaian itu, LPM UINSI Samarinda mengadakan kegiatan ini sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

LPM melibatkan unsur pimpinan dari Rektor, Para Wakil Rektor, Para Dekan dan Wakil-Wakil Dekan, Para Ketua Lembaga dan Kepala-kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) bersama Narasumber Cak Ro (Rosihan Aslihuddin, M.A.B).

Cak Ro yang merupakan Registered Lead Auditor – IRCA, Certified Internal Auditor (CIA), Certified Risk Associate (CRA), Certified Risk Management (CRP) dan Quality Assurance Supervisor ini menjelaskan tentang gambaran umum dan prinsip dasar perencanaan, termasuk hubungan antara RIP, RENSTRA, dan RENOP.

Renstra itu disusun berisikan lima bab.

“Pendahuluan menggambarkan kondisi umum berupa kondisi eksternal dan kondisi internal serta potensi dan permasalahan IAIN Samarinda; bab yang menggambarkan visi, misi dan tujuan IAIN Samarinda; bab yang menggambarkan arah kebijakan, strategi, kerangka regulasi dan kerangka kelembagaan; dan bab yang menggambarkan target kinerja dan kerangka pendanaan serta; bab penutup,” jelasnya.

Renstra IAIN Samarinda Tahun 2020-2024 ini merupakan acuan atau landasan dalam mendesain berbagai program kegiatan yang bertujuan untuk mencapai visi, misi, tujuan dan sasaran IAIN Samarinda yang kemudian akan digunakan sebagai bahan evaluasi dalam pembentukan Renstra UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda mendatang. (humas/lpm/ns/rh).