by

Manasik Haji Cilik bersama KKN Berbas Pantai, Kemenag Bontang: Semoga Kelak Bisa Menunaikan Ibadah Haji Dewasa Nanti

-Mahasiswa-335 views
BONTANG, UINSI NEWS, – KKN Berbas Pantai turut serta dalam kegiatan Manasik Haji Cilik di Kelurahan Berbas Pantai dan Kelurahan Bontang Baru yang didampingi oleh Kemenag Kota Bontang.

Sembilan mahasiswa yang tergabung dalam KKN Kelurahan Berbas Pantai Kota Bontang, Yoga Putra Wijaya (HES), Muhammad Nur Ilyapi (PAI), Muhammad Rafli Dina Tama (HES), Aulia Nur Arifah (HES), Khairun Nisa (PAI), Nurul Kamalliah (BKI), Asmaul Husna (ES), Riska Nur Oktawia (PS), dan Nur Alya Aliza (IAT).

Manasik Haji Cilik dilakukan di dua tempat yang berbeda pada hari Kamis, 28 Juli 2022 di TK RA Insan Mulia, dan di Paud IT Miftahul Huda pada hari Kamis, 04 Agustus 2022 yang selalu didampingi oleh H. Ali Mustafa, S.Ag., M.Pd. (Kasubbag Tata Usaha Kemenag Bontang) yang juga merupakan alumni IAIN Samarinda.

Pelaksanaan Manasik Haji Cilik diselenggarakan sebagai sebuah kegiatan memperingati Tahun Baru Islam 1444 H. Manasik ini juga menjadi simulasi dan pengetahuan baru untuk anak-anak serta untuk menumbuhkan rasa gemar melakukan ibadah-ibadah yang diwajibkan oleh Islam.

Kegiatan dimulai dari keberangkatan jamaah haji, tawaf, minum air zam-zam, sa’i, wukuf di Arofah, bermalam di Mina hingga pulang kembali ke tanah air.

Anak-anak senang dan antusias mengikuti kegiatan tersebut karena ini merupakan kegiatan tahunan yang sempat tertunda akibat pandemi covid-19.

“Insyaallah ini menjadi pengalaman dan mereka dapat merasakan bagaimana perjuangan jamaah haji di Tanah Suci,” tutur Kemenag Bontang.

“Teriring do’a semoga kelak ketika mereka besar, mereka benar-benar dapat menunaikan ibadah haji dan menjadi haji mabrur,” imbuhnya.

“Hal yang berkesan yaitu saat melihat antusias anak-anak yang melakukan kegiatan Manasik Haji Cilik dengan aktif dan penuh semangat, membuat kami banyak belajar saat berhadapan dengan anak-anak dan berupaya memberikan pengawasan pada anak-anak dalam melakukan serangkaian kegiatan manasik haji, karena ini juga pengalaman pertama kami menjadi panitia Manasik Haji Cilik.” sambung Nurul Kamaliah. (humas/kkn/rh).