PBA UINSI Kupas Strategi Belajar Bahasa Arab

Berita, Kegiatan788 views

SAMARINDA, UINSI NEWS,- UINSI Samarinda selenggarakan Kuliah Umum dengan tema “Urgensi dan Strategi Belajar Bahasa Arab di Perguruan Tinggi”. Kuliah Umum yang diikuti oleh seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Semester 6 ini dilaksanakan di Aula Lt. 3 Rektorat Kampus 2 UINSI Samarinda. Selasa (14/2).

Menyusul akreditasi Unggul Prodi PBA, Wakil Rektor I UINSI harap Kuliah Umum ini dapat memberi motivasi kepada mahasiswa PBA untuk memantapkan diri mempelajari dan mendalami Bahasa Arab.

“Akreditasi unggul PBA, bukan kerja yang biasa-biasa tapi kerja yang luar biasa. Prodi PBA jadi istimewa karna di Sarjana UINSI ini yang pertama kali akreditasinya unggul itu PBA,” ucap Prof. Nasir, Wakil Rektor I UINSI.

“Terima kasih kepada guru kami yang datang untuk membawa berkah, saya senang sekali melihat anak-anakku semangat dari pagi sudah datang kesini untuk belajar. Mudah-mudahan bisa menjadi sukses seperti guru-guru kita dan Kuliah Umum ini diharapkan dapat memberi motivasi kepada mahasiswa dalam belajar bahasa Arab,” lanjutnya.

Membahas terkait motivasi belajar bahasa Arab, Drs. KH. M. Idman Salewa, M.Th.I. sebut akhlakul karimah menjadi poin pertama yang perlu diperhatikan.

Pengurus besar Ponpes As’adiyah Tahun 2022-2027 ini berbagi pengalaman tentang strategi belajar bahasa Arab.

“Ketika kita belajar bahasa Arab atau bahasa yang lain maka sesungguhnya yang kita lakukan pertama adalah perbaiki akhlakul karimah, baru belajar,” tegasnya.

“Menurut pengalaman kami sebelum kita menghadap ke seorang guru dan dosen sebaiknya santri memperbaiki karakter akhlaknya sebelum diajar oleh dosen. Insyaallah tidak akan terlalu lama anda bisa membaca kitab kuning. Ini salah satu pendekatan yang bisa kita lakukan. Akhlakul karimah, dekat dengan dosen dan guru, bagaimana ilmu bisa ditularkan kepada mahasiswa dan murid kalau mahasiswa membuat dosen marah dan sebaliknya,” jelasnya.

“Kemudian, sudahkah ada diantara kita para dosen mendoakan mahasiswa kita ditengah malam? Perlu dosen untuk mendoakan mahasiswa agar bisa dipermudah mereka menerima ilmu.”

“Pemahaman huruf dan pemahaman kosa kata juga sangat penting. Semua kitab berbahasa Arab selalu diawali dengan kosa kata. Selain itu, perubahan-perubahan akhir kalimat, cara menyusun kalimat juga menjadi poin penting yang perlu dipelajari dalam bahasa Arab,” tambahnya.

Belajar bahasa Arab ada yang mengatakan sulit, namun ada juga yang mengatakan mudah. Menurut Dr. H. Muh. Harta, M.Ag. membuat pembelajaran seefektif dan semenyenangkan mungkin menjadi strategi agar belajar bahasa Arab menjadi mudah.

“Belajar bahasa Arab dibuat dengan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Bagaimana belajar dengan senang, jangan jadikan momok,” ucap Dr. Harta, Direktur Mah’ad Al-Jamiah Ponpes As’adiyah.

Ditemui usai Kuliah Umum , Mahasiswa PBA 2 Semester 6, Melati, sebut Kuliah Umum ini memberikan semangat dan motivasi lebih untuk giat belajar bahasa Arab.

“Kuliah Umum ini bagus sekali. Apa yang disampaikan oleh KH. Idman dan Dr. Muh. Harta memberikan saya motivasi tambahan untuk belajar bahasa Arab. Saya setuju jika adab dan akhlak lebih utama dari ilmu, saya juga tertarik untuk mencoba startegi belajar dengan nuansa yang menyenangkan. Semoga kami mahasiswa PBA UINSI Samarinda bisa memaksimalkan diri dalam belajar dan menjadi lulusan yang unggul,” ucapnya. (humas/ns)