Gelar Wisuda Perdana Tahun 2023, 80 Persen Wisudawan UINSI Lulus Dengan Pujian

Berita957 views
SAMARINDA, UINSI NEWS,- UIN Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda gelar Sidang Senat Terbuka dalam rangka Wisuda Sarjana (S-1) ke-40 dan Magister (S-2) ke-15 di Auditorium 22 Dzulhijjah Kampus 2 UINSI Samarinda secara luring.

Wisuda yang digelar pada tanggal 10 Mei 2023 ini diikuti oleh 341 peserta dari Program Pascasarjana, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Fakultas Syariah (FASYA), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), serta Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD).

Peserta wisuda merupakan mahasiswa UINSI Samarinda yang telah berhasil menyelesaikan studi hingga tahap ujian proposal, ujian hasil, dan munaqosah.

Dari jumlah peserta wisuda tersebut, Program Pascasarjana berhasil mencetak 37 lulusan. Selain itu pada program Sarjana, FTIK menjadi Fakultas yang menghasilkan lulusan terbanyak dengan jumlah 176 wisudawan. Kemudian, disusul dengan 53 wisudawan FUAD, 46 wisudawan FEBI, dan 29 wisudawan FASYA.

Jumlah wisudawan perdana di tahun 2023 UINSI Samarinda yang memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) predikat Dengan Pujian sebanyak 277 orang (81,2%) dan predikat Sangat Memuaskan sebanyak 64 orang (18,8%).

Kriteria Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) bagi lulusan Sarjana UINSI Samarinda predikat Dengan Pujian adalah wisudawan yang memperoleh IPK 3,51 sampai dengan 4,00 dan 3,01 sampai dengan 3,50 untuk predikat Sangat Memuaskan.

Bagi lulusan Program Pascasarjana, predikat Dengan Pujian diberikan bagi wisudawan dengan IPK 3,76 sampai dengan 4,00 dan 3,51 sampai dengan 3,75 untuk predikat Sangat Memuaskan.

Predikat kelulusan Dengan Pujian hanya diberikan apabila mahasiswa lulus dalam batas waktu 9 (sembilan) semester untuk program sarjana (S-1) dan 5 (lima) semester untuk program pascasarjana (S-2).

Pada Program Pascasarjana, 27 orang atau 73% lulusannya berhasil memperoleh predikat lulus Dengan Pujian. Selain itu, Program Sarjana UINSI juga menghasilkan banyak lulusan predikat Dengan Pujian.

FTIK memiliki jumlah lulusan predikat Dengan Pujian sebanyak 155 orang yang terdiri dari 77 wisudawan Prodi Pendidikan Agama Islam; 30 wisudawan Prodi Manajemen Pendidikan Islam; 19 wisudawan Prodi Tadris Bahasa Inggris; 5 wisudawan Prodi Pendidikan Bahasa Arab; 5 wisudawan Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini; dan 20 wisudawan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

FASYA memiliki 19 lulusan yang memiliki predikat Dengan Pujian, yaitu 10 wisudawan Prodi Hukum Keluarga, 5 wisudawan Prodi Hukum Ekonomi Syariah, dan 4 wisudawan Prodi Hukum Tata Negara.

FEBI memiliki 37 lulusan yang memiliki predikat Dengan Pujian, yaitu 15 wisudawan Prodi Ekonomi Syariah dan 22 wisudawan Prodi Perbankan Syariah.

FUAD memiliki 39 lulusan yang memiliki predikat Dengan Pujian, yaitu 3 wisudawan Prodi Manajemen Dakwah, 5 wisudawan Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, 20 wisudawan Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, dan 11 wisudawan Prodi Bimbingan Konseling Islam.

Lulusan Terbaik

Sherly Susilo Rahayu D, Mahasiswa S-2 Program Studi Pendidikan Agama Islam, terpilih sebagai lulusan terbaik dan tercepat dari Program Pascasarjana dengan IPK 4,00.

Selain itu, terpilih pula lulusan terbaik pada program Sarjana dari masing-masing Fakultas dengan data sebagai berikut:
1.Refki Agung Purwanto, Prodi Pendidikan Agama Islam (FTIK) dengan IPK 4,00.
2.Rizky Nor Fauziah, Prodi Ekonomi Syariah (FEBI) dengan IPK 3,94.
3.Rizky Nur Ikhsan Syahrul Ramadhan, Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (FUAD) dengan IPK 3,91.
4.Nur Annisa, Prodi Hukum Keluarga (FASYA) dengan IPK 3,82.

Selamat dan sukses kepada seluruh wisudawan Sarjana (S-1) Ke-40 dan Magister (S-2) Ke-15 UINSI Samarinda.