Sayid Sulthan Terpilih Jadi Pemenang 2 Duta Bahasa Kaltimtara 2023 Kategori Putra

Berita459 views

SAMARINDA, UINSI NEWS,- Sayid Sulthan Nazwan G.F., mahasiswa Prodi PAI FTIK UINSI Samarinda, terpilih sebagai Pemenag 2 Kategori Putra Duta Bahasa Kaltim Kaltara 2023.

Gelar ini diraih pada malam Penganugerahan Duta Bahasa Kaltimtara 2023 yang diselenggarakan di Atrium Mal Samarinda Square, Sabtu (6/5).

Malam Penganugerahan ini merupakan rangkaian dari kegiatan Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara Tahun 2023 yang dilaksanakan sejak tanggal 10 April s.d. 6 Mei 2023.

Pemilihan melalui beberapa tahapan mulai dari Penyisihan yang diiikuti oleh 70 peserta dengan rincian 49 orang perempuan dan 21 orang laki-laki. 

Ketua panitia, Pandu Pratama Putra menyampaikan bahwa tahap penyisihan menghasilkan 30 orang finalis dengan rincian 15 orang perempuan dan 15 orang laki-laki.

Para finalis tersebut mendapatkan pembekalan yang dilaksanakan secara daring dan luring. Selanjutnya, tahap akhir pemilihan duta bahasa, yakni babak final yang dilaksanakan pada tanggal 5 Mei 2023 di Hotel Amaris Samarinda.

Halimi Hadibrata, Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kalimantan Timur, sampaikan harapan agar para duta bahasa dapat berkontribusi memberikan dukungan terhadap Kantor Bahasa Provinsi Kalimantan Timur dalam pembinaan bahasa dan sastra bagi kalangan muda.

Menjawab amanat ini, Sayid sebut dirinya siap untuk melestarikan dan menyebarluaskan pemahaman tentang bahasa Kutai.

“Saya sebagai pemenang 2 Duta Bahasa bertujuan untuk menyebarluaskan bahasa Kutai agar masyarakat, khususnya teman-teman sebaya saya menyadari betapa penting dan uniknya bahasa Kutai. Saya ingin mereka bisa bangga dengan bahasa Kutai”.

“Bahasa kutai merupakan bahasa yang harus dilestarikan, karena mempunyai nilai historis yang panjang, saya ingin, bahasa Kutai menjadi bahasa yang bisa berkembang di zaman ini, dengan menjadikannya sebagai bahasa percakapan sehari-hari yang selaras dengan tujuan komunitas saya, InsyaAllah saya siap untuk menjadi generasi yang melestarikan dan mengajak kawala muda untuk melestarikan bahasa kutai,” tambahnya.

Kegemaran Sayid akan belajar bahasa, khususnya bahasa Kutai, membuatnya menyadari bahasa daerah lahir dari sejarah panjang dengan segala keunikannya yang sayang apabila nantinya tergerus oleh zaman.

“Setelah ini, untuk melestarikan bahasa Kutai, saya ingin mewujudkan komunitas yang saya jadikan Krida, yakni “Sanak Roap” saya berharap bahasa Kutai menjadi bahasa imbuhan dan bisa merasuk pada percakapan sehari-hari, setidaknya bahasa Kutai menjadi bahasa yang gaul dan bisa eksis di Kalimantan Timur dan daerah-daerah calon IKN lainnya,” harapnya.

Selamat dan Sukses kepada Sayid Sulthan Nazwan G.F. atas capaian sebagai Pemenag 2 Kategori Putra Duta Bahasa Kaltim Kaltara 2023. (humas/ns)