Branding Diri dengan CV Menarik, UPT. Pengembangan Karir Mahasiswa dan Alumni UINSI Fasilitasi Pelatihan Pembuatan CV dan Trik Interview

Berita525 views
SAMARINDA, UINSI NEWS,- UPT Pengembangan Karir Mahasiswa dan Alumni (PKMA) selenggarakan Pelatihan Pembuatan Curriculum Vitae (CV) dan Trik Menghadapi Interview Dunia Kerja.

Pelatihan ini telah diselenggarakan dua kali. Pertama, di Aula FTIK Kampus 2 UINSI pada bulan Oktober yang menghadirkan 2 narasumber, yaitu Budi Jatmiko (HRD & GA Manager PT Tirta Mahakam) dan Titi Maria Niasty Hia (HR Manager Hotel Harris Samarinda).

Kedua, diselenggarakan pada bulan November dengan menghadirkan 3 narasumber, yaitu Ari Wibowo Nugroho, S.Pt. (Branch Head Operation KALTIMTARA PT. KALBE Nutritionals), Billy Arifin, S.H (Customer Relationship Officer BCA Samarinda) dan Evandy Shoha, S.Ak. (Customer Relationship Officer BCA Samarinda).


Gianto, M.Pd.I., Kepala UPT PKMA UINSI, sampaikan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat untuk menambah basic knowledge mahasiswa dalam mempersiapkan diri untuk bersaing di dunia kerja.

Lebih lanjut, Gianto sebut Ilmu pengalaman praktis seperti menyusun cv dan menghadapi interview bukanlah hal yang dengan mudah dapat dicari melalui internet.

“Apa jawaban yang perlu disampaikan saat interview, bagaimana sikap yang perlu ditampakkan. Nah, hal-hal semacam ini tidak bisa didapat secara akurat kecuali melalui pengalaman atau ketika sudah mengalami langsung,” ucapnya.

Menariknya, pelatihan yang menghadirkan profesional dibidang manajemen ini tidak dipungut biaya dan terbuka bagi mahasiswa UINSI mulai dari semester V hingga alumni UINSI Samarinda.

Rektor UINSI, Prof. Dr. Zurqoni, M.Ag., dalam sambutannya sampaikan apresiasi dan mengajak mahasiswa UINSI untuk semakin berkembang dengan berani mengeksplor diri.

“Kategori SDM qualified memang khas dengan punya bakat atau multitalenta, tapi jika tidak melakukan explore diri, tidak tahu bagaimana memanfaatkan talenta yang ada, malah bisa terancam tidak terserap dengan baik di masyarakat,” ucapnya.

Selain itu, Prof. Zur juga tekankan pentingnya melakukan branding diri dengan memaksimalkan soft skills.


“Jangan hanya mengandalkan hard skills, seperti ijazah, sertifikat, dan sebagainya, tapi juga soft skills seperti memiliki rasa tanggungjawab, disiplin, kepedulian, kejujuran, kepribadian baik, dan akhlakul kharimah. Ini adalah kelengkapan yang dipertimbangkan dalam melakukan wawancara atau melamar bekerja disuatu tempat,” jelasnya. (humas/pkma/ns/rh).