Laboratorium Bimbingan dan Konseling FUAD UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda Lakukan Training of Trainer for Konselor Sebaya

Berita221 views
SAMARINDA, UINSI NEWS,- Laboratorium Bimbingan dan Konseling FUAD UIN Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda mengadakan “Training of Trainer bagi Calon Konselor Sebaya” di Gedung Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Jum’at (16/2).

Kegiatan ini bertujuan memberi pelatihan secara khusus kepada asisten Laboratorium Bimbingan Konseling (BK) untuk menjadi “konselor sebaya” yang bertugas memberikan bantuan seperti konsultasi, bimbingan, dan konseling dasar kepada para konseli/klien (mahasiswa UINSI Samarinda).

Tak hanya itu, pelayanan konsultasi juga akan dirujuk langsung kepada praktisi BK yang lebih ahli (Dosen Prodi Bimbingan Konseling Islam) jika memang diperlukan.

Hal ini tidak hanya menjadikan Laboratorium BK sebagai wadah praktik mahasiswa Prodi Bimbingan Konseling Islam untuk mengasah kemampuan profesionalnya, namun juga sebagai bentuk upaya untuk memberikan asistensi yang tepat bagi mahasiswa UINSI Samarinda yang memerlukan konsultasi.

Rudy Hadi Kusuma, M.Pd., CH., CHt., Koordinator Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia Laboratorium BK FUAD UINSI Samarinda, terjun langsung sebagai narasumber untuk menyampaikan materi tentang “Konselor Sebaya” tersebut.

Dr. Sai Handari, M.Pd., Kepala Laboratorium BK UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda sebut kegiatan ini merupakan agenda dari Divisi Konseling yang diketuai oleh Lharasaty Dewi, M.Psi.

Lebih lanjut, kegiatan ini merupakan respon kebutuhan dalam mempersiapkan layanan Laboratorium BK yang dapat diakses secara online maupun offline bagi sivitas akademika dan stakeholder UINSI Samarinda dalam memanfaatkan layanan Bimbingan dan Konseling pada Perguruan Tinggi.

6 peserta ToT adalah perwakilan dari masing-masing divisi yang ada di Laboratorium BK, yakni Divisi Konseling sebanyak 3 orang, Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia sebanyak 1 orang, Divisi Publikasi, dokumentasi, dan Informasi sebanyak 1 orang, Divisi Penelitian dan Identifikasi Alat Ukur sebanyak 1 orang.

“Seru kegiatannya, santai dan banyak sharing, jadi tidak sabar ingin praktik sebagai konselor sebaya”, ucap Zahra, perwakilan Divisi Penelitian dan Alat Ukur (Mahasiswi Prodi BKI Semester 6)

Adapun Dewi Indriani mahasiswi BKI Semester 4 mewakili divisi PSDM mengungkapkan “Senang sekali karena bisa ikut kegiatan training Konselor Sebaya yang santai seperti tadi. Kesannya jadi nyaman dan tidak terlalu tegang. Setelah dijelaskan secara singkat tadi, jadi makin tertarik untuk banyak terlibat dalam kegiatan Konseling Sebaya nantinya”.

“Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan lancar. Rencananya setelah ini kami akan menindaklanjuti dengan berbagai kegiatan lainnya yang harapannya nanti dapat membantu fungsi Laboratorium BK FUAD UINSI Samarinda semakin optimal,” ucap Dr. Sai Handari. (Humas/BKI/ns)