Awali 2024 dengan gemilang, 3 Guru Besar UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda Dikukuhkan oleh Direktur PTKI Kemenag RI

Berita336 views

SAMARINDA, UINSI NEWS,- Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag., Direktur PTKI Kemenag RI kukuhkan 3 Guru Besar UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda di Auditorium 22 Dzulhijjah Kampus 2 UINSI Samarinda. Sabtu (2/3).

3 Guru Besar UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda tersebut adalah Prof. Dr. Bambang Iswanto, M.H. Guru Besar Bidang Ilmu Hukum Ekonomi Syariah, Prof. Dr. Hj. Darmawati, M.Hum. Guru Besar Bidang Ilmu Ekonomi Syariah, dan Prof. Dr. H. M. Tahir, S.Ag., M.M. Guru Besar Ilmu Dakwah.

Usai secara resmi mengukuhkan 3 Guru Besar baru di UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Prof. Ahmad Zainul Hamdi sampaikan ucapan selamat sekaligus paparkan orasi ilmiah singkat.

Pada kesempatan itu, Prof. Ahmad Zainul Hamdi sebutkan raihan gelar Guru Besar merupakan buah dari perjuangan yang tidak mudah.

“Bapak dan Ibu hadirin disini mungkin tidak semua menyadari bagaimana susahnya mencapai gelar Guru Besar. Hal ini dibuktikan dari proses awal hingga akhir untuk memenuhi segala persyaratannya. Tentu ini juga bukan sebatas persyaratan administrasi,” ucap Prof. Ahmad Zainul Hamdi.

“3 Guru Besar yang dikukuhkan ini berarti sudah memumpuni keahlian ilmunya masing-masing. Sehingga menambah indeks prestasi pada lembaga pendidikan khususnya pada lembaga sendiri,” lanjutnya.

“Guru besar adalah jabatan fungsional tertinggi di perguruan tinggi. Harapan saya tidak terhenti untuk karya ilmiahnya dan terlena dengan tugas utamanya setelah menjadi Guru Besar. Justru lebih di tingkatkan terus untuk menambah karya ilmiahnya.”

Prof. Ahmad Zainul Hamdi menekankan pintar tapi tidak diimplementasikan tidak ada artinya, namun sebaliknya harus dapat mengobarkan ilmunya demi kemajuan anak bangsa.

“Bukan orang yang paling cerdas yang bisa survive di masa depan. Bukan orang yang kuat yang bisa survive di masa yang akan datang. Tapi mereka yang adaptif dari perubahan yang akan sukses dimasa depan,” tutupnya (Humas/ns)