Hasil SPAN-PTKIN 2024 Diumumkan Besok, Peminat UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda Lebihi Kuota

Berita2,044 views

SAMARINDA, UINSI NEWS,- Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) 2024 akan diumumkan pada Selasa, 2 April 2024 pukul 14.00 WIB atau 15.00 WITA.

Pengumuman tersebut dapat dilihat dengan mengakses laman https://pengumuman-span.ptkin.ac.id/

Sebelumnya, Panitia Nasional PMB-PTKIN dan dihadiri oleh Pimpinan PTKIN seluruh Inodonesia, dalam hal ini Rektor/Ketua dan Wakil Rektor/Wakil Ketua Bidang Akademik telah melaksanakan sidang kelulusan Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) 2024 untuk menetapkan peserta yang lulus seleksi. Jum’at (29/3).

Sidang kelulusan tersebut dibuka secara resmi oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI, Prof. Dr. Ali Ramdhani, STP., M.T, turut hadir juga dalam sidang kelulusan SPAN-PTKIN 2024 PLT Dirjen Pendis Kemenag RI, Prof. DR. Abu Rokhmad, M.Ag, Direktur Pendidikan Keagamaan Islam, Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag, Ketua Forum Pimpinan PTKI, Prof. Dr. TGH Masnun Tahir, M.Ag, Ketua Panitia Nasional PMB PTKIN, Prof. Dr. Nyayu Khodijah, S.Ag., M.Si.

Pada kesempatan tersebut, Selaku ketua panitia nasional PMB PTKIN, Nyayu Khodijah melaporkan bahwa sebelum sidang kelulusan terdapat beberapa proses yang dilakukan panitia dalam seleksi SPAN-PTKIN, diawali dengan verifikasi nilai rapor dan prestasi yang dilakukan oleh para verifikator dari masing-masing kampus, kemudian dilanjutkan dengan finalisasi verifikasi yang dilakukan secara serentak oleh seluruh PTKIN.

Berdasarkan hasil rekapitulasi pendaftar SPAN-PTKIN 2024 yang dihimpun oleh Panitia Nasional, UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda telah dipilih oleh 1.359 calon mahasiswa dengan 909 memilih sebagai pilihan pertama dan 450 memilih sebagai pilihan kedua.

Jumlah tersebut diketahui melampaui kuota yang telah disediakan untuk UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda melalui jalur SPAN PTKIN 2024.

Usai melakukan finalisasi verifikasi rapot dan prestasi siswa, tercatat hanya 973 calon mahasiswa dinyatakan lolos jalur SPAN-PTKIN 2024 di UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda.

Jumlah tersebut pun tersebar di 18 program studi dan 4 Fakultas di UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, yaitu Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Fakultas Syariah (FASYA), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), serta Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD). (Humas/ns)