UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda Selenggarakan Kuliah Umum dan Halal Bihalal

Berita135 views

SAMARINDA, UINSI NEWS,- UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda selenggarakan Kuliah Umum dan Halal Bihalal dengan tema “Perkuat Silaturrahmi untuk Membangun UINSI Menjadi Kampus yang Unggul” di Auditorium 22 Dzulhijjah Kampus 2 UINSI Samarinda. Selasa (16/4).

Dipandu oleh Muhammad Alfi Hidayat, S.Sos. (Staf Humas, Publikasi, Dokumentasi, dan Protokoler) dan Shafa Salsabila Akbar (Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Smt 8), Kuliah Umum dan Halal Bihalal ini merupakan serangkaian momen perayaan Idul Fitri 1445 H yang dihadiri oleh Keluarga Besar UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda.

Menambah kekhidmatan, acara diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang dipandu oleh Muh. Fiqih Hidayat (Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam Sem.2) serta pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Muhammad Rifki Fahreza (Prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir Semester 2) Qori Terbaik 2 Cabang Tilawah Golongan Remaja Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2023.

Sesuai dengan tema yang diusung, momen ini diharapkan semakin mempererat jalinan silaturahmi dan tali persaudaran antar pegawai di lingkungan UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Zurqoni, M.Ag., Rektor UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, sampaikan bahwa kesempatan berkumpul ini menjadi momen yang sesuai untuk bertemu, khususnya bagi yang belum saling bersilturahmi sejak 1 Syawal 1445 H.

“Bisa jadi di antara kita ada yang belum sempat bertemu sejak 1 syawal, maka ini menjadi momen yang pas untuk silaturahim sekaligus bermaaf-maafan,” ucapnya.

Prof. Zurqoni juga sampaikan bahwa meminta maaf dan saling memberi maaf dalam persepktif agama merupakan ciri dari orang yang bertakwa. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan ketakwaan dan keimanan yang telah diupayakan, terlebih selama bulan Ramadhan.

Selain itu, dalam perspektif kajian psikologi saling bermaaf-maafan dapat mengembalikan pikiran positif dan menghadirkan energi positif.

“Bermaaf-maafan itu dapat memperbaiki hubungan interaksi sosial satu sama lain. Oleh karena itu mari kita jadikan silaturahmi ini untuk memperkuat persaudaraan dan persatuan demi kemajuan UINSI Samarinda,” pesannya.

Usai sambutan Rektor, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi Kuliah Umum oleh Ketua LP2M UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Prof. Dr. Bambang Iswanto, M.H.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Bambang sampaikan keutamaan silaturahmi, salah satunya Allah Swt. menjanjikan pahala dan keberkahan bagi setiap hamba-Nya yang senantiasa menjaga tali silaturahmi.

Prof. Bambang pun pesankan bahwa berkah tersebut tidak hanya dinilai dari segi materi saja tapi jauh dari pada itu juga meliputi hal-hal immateril. Oleh karena itu, hendaknya kita agar selalu menjadi hamba Allah Swt. yang selalu bersyukur.

Kuliah Umum dan Halal Bihalal kemudian ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Ustadz H. Bunyamim, Lc., M.Ag., (Kapus Pendidikan Akhlakul Karimah LP2M UINSI Samarinda) serta ramah tamah berkeliling saling bersalaman juga bermaaf-maafan. (Humas/ns)