Prof. Tahir Ajak Teladani Kisah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS

Berita91 views

SAMARINDA, UINSI NEWS,- Prof. Dr. H. M. Tahir, S.Ag., M.M., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerja Sama UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda pimpin apel pagi di Unit Rektorat. Senin (10/6).

Dalam amanatnya, Prof. Tahir beri pesan tauladan berdasarkan kisah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS.

“Bersyukur hari ini kita berada di bulan Dzulhijjah dan selamat berpuasa bagi yang menjalankan ibadah puasa sunnah dan selamat bagi yang insyaallah akan melaksanakan kurban. Di UINSI nanti penyembelihan hewan kurban rencananya pada tanggal 19 Juni, sesuai yang diatur oleh panitia,” ucap Prof. Tahir.

“Membahas tentang peristiwa penting di bulan Dzulhijjah tentu tidak lepas dari kisah keluarga Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS,” lanjutnya.

Memasuki bulan Dzulhijjah dan menjelang perayaan Idul Adha, kisah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS. memang selalu menjadi suri tauladan bagi kita semua dalam banyak hal, seperti dalam ketaatan dan kepasrahan diri kepada Allah SWT, kesabaran dan keikhlasan beribadah, serta dalam menjalani hidup dan kehidupan ini.

Nabi Ibrahim AS adalah seorang ayah sekaligus seorang hamba Allah yang lurus, berhati lembut, lagi penyantun. Beliau seorang Nabi dengan teladan kepemimpinan yang mencerahkan. Sedangkan sang anak, Nabi Ismail AS adalah seorang anak yang sabar dan berbakti kepada kedua orang tua dan tentunya juga taat kepada Allah SWT.

“Kalau sosok ini kita jadikan sebagai sumber inspirasi kita dalam bekerja, insyaallah kerjaan kita tidak hanya tuntas dan selesai, tapi juga ikhlas dan mendapatkan pahala serta ridha dari Allah SWT,” pesannya.

“Kita sebagai muslim dalam bekerja bukan hanya sekedar mencari hasil atau gaji, tapi ada nilai pahala, ibadah, dan berkah didalamnya,” lanjutnya.

“Mari kita jadikan spirit bulan Dzulhijjah dan kisah suri tauladan tokoh utama tadi dalam menjalankan amanah, khususnya kita sebagai pegawai, yang mana mungkin kesempatan yang kita miliki ini adalah sesuatu yang diinginkan atau diimpikan orang lain,” tutupnya.

Selain dilaksanakan di Unit Rektorat, Apel pagi yang rutin digelar setiap Senin ini juga dilaksanakan di setiap Unit dan Fakultas masing-masing. Berikut potret pelaksanaan Apel di UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda: