Sharia Economic Festival Sukses Digelar, Wujud Kreativitas Ormawa FEBI Kembangkan Pengalaman Akademik dan Non Akademik

Berita38 views

SAMARINDA, UINSI NEWS,- Sharia Economic Festival yang diinisiasi oleh Ormawa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda digelar selama 4 hari mulai tanggal 3 sampai 6 Juni 2024 di Auditorium 22 Dzulhijjah.

Sharia Economic Festival dibuka langsung oleh Prof. Dr. H. M. Tahir, S.Ag., M.M., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerja Sama pada Senin (3/6) lalu dan juga memperoleh dukungan penuh dari Dr. K.H. Moh. Mahrus, M.H.I., selaku Dekan FEBI beserta para Wakil Dekan dan jajarannya.

Sukses terselenggara dengan menghadirkan pakar dan brand penggerak ekonomi seperi Grab dan BEI Kaltim, Sharia Economic Festival mengusung tema “mewujudkan generasi emas dengan mengoptimalkan ekonomi syariah sebagai ujung tonggak pertumbuhan ekonomi”. Tema ini dipilih dengan tujuan terciptanya generasi emas yang dapat mengaplikasikan ekonomi syariah kedalam kehidupan, sehingga terwujud kesejahteraan masyarakat yang sesuai dengan prinsip-prinsip Islam.

Penyelenggaraan festival berawal dari keinginan Ormawa FEBI UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda untuk memberikan wadah dalam mengembangkan keterampilan yang dimiliki serta memberi ruang komunikasi dan menumpahkan inovasi serta kreativitas. Selain itu, Sharia Economic Festival juga memberi tempat bagi mahasiswa atau masyarakat umum untuk meningkatkan pengalaman akademis dan non-akademis melalui berbagai cabang perlombaan.

Sharia Economic Festival juga secara tidak langsung sukses menjadi ajang promosi Fakultas dan Universitas kepada calon mahasiswa, orang tua, dan masyarakat umum melalui publikasi digital dan cetak juga kolaborasi bersama beberapa brand terkemuka.

Tidak hanya membuka cabang lomba, Sharia Economic Festival membuat ruang diskusi melalui tema seminar yang di dalamnya membahas isu-isu atau problem yang terjadi di dalam kehidupan manusia. Sesuai dengan kata “Economic”, tentu tema yang diangkat berhubungan dengan ekonomi. Kegiatan seminar membuka wawasan praktis dan perspektif baru yang melengkapi pembelajaran teoritis. Para audiens dapat berdialog langsung dengan narasumber yang ahli di bidang ekonomi.

“Dengan tulus, saya ingin menyampaikan rasa syukur dan apresiasi kepada seluruh anggota panitia yang telah berjuang keras dalam menyukseskan acara ini. Kerja sama dan dedikasi kalian sungguh luar biasa, dan saya bangga menjadi bagian dari tim ini,” ucap Ima, Ketua Panitia Sharia Economic Festival.

“Saya berharap semangat dan semangat kerja yang telah kita tunjukkan dalam persiapan acara ini dapat terus kita pertahankan. Mari terus berkolaborasi dengan baik dan tetap fokus pada tujuan kita untuk memberikan yang terbaik bagi peserta acara dan komunitas kita,” sambungnya.

Ima juga berharap kesuksesan acara ini dapat membuat semangat dan momentum positif yang telah tercipta dapat terus berlanjut. Ima dan tim juga berencana akan melakukan evaluasi untuk menghasilkan kolaborasi yang lebih baik di agenda Ormawa FEBI selanjutnya. (HUMAS/SEF/ns)