Cetak Sejarah, Pascasarjana UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda Gelar Ujian Promosi Doktor Perdana

Berita185 views

SAMARINDA, UINSI NEWS,- Pascasarjana UIN Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda hari ini mencatat sejarah baru dengan diselenggarakannya Ujian Promosi Doktor Perdana di Auditorium Kampus 1 Jl. Kh. Abul Hasan.

Meski diguyur hujan, Ujian Promosi Doktor yang digelar tepat pukul 8 pagi tadi menandai pencapaian penting bagi UINSI Samarinda dan mahasiswa program doktor yang terlibat.

Prof. Dr. Zurqoni, M.Ag., Rektor UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda dalam sambutannya menyatakan bahwa ini adalah momen yang sangat membanggakan.

“Ujian promosi doktor ini bukan hanya simbol prestasi akademik tertinggi bagi mahasiswa, tetapi juga bukti dari komitmen universitas dalam mendukung penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan. Apalagi ini merupakan Doktor Perdana pada jenjang S-3 Prodi PAI,” ungkapnya.

2 kandidat Doktor dari Prodi PAI mempresentasikan hasil penelitian mereka di hadapan dewan penguji. Penelitian yang dipresentasikan mencakup bidang Pendidikan Agama Islam (PAI) Pengembangan model, pembelajaran berbasis LMS, perkuliahan menunjukkan keberagaman dan kedalaman keilmuan yang ada di Perguruan Tinggi Islam Negeri.

Selain diuji oleh para Profesor dan Dosen internal di UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, pada kesempatan tersebut hadir pula Prof. Dr. Babun Soharto sebagai penguji eksternal.

Sugiyono mempresentasikan disertasinya tentang “Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis LMS untuk Meningkatkan Self Regulated Learning pada Mata Kuliah Sejarah Peradaban Islam bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) di Kalimantan Timur”.

Kemudian, Eko Nursalim mempresentasikan disertasi dengan judul “Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Religius Siswa (Studi Multi Situs di SMA Negeri 1 Sangatta, SMA Negeri 1 Sangatta Utara, dan SMK Negeri 1 Sangatta Utara Kutai Timur)”.

Disertasi ini mendapatkan Pujian dari dewan penguji karena pendekatannya yang inovatif dan relevansi temanya dengan isu global saat ini.

“Kami sangat terkesan dengan kualitas penelitian yang dipresentasikan hari ini,” kata Prof. Zurqoni, M. Ag, salah satu anggota dewan penguji Sebagai Rektor.

“Para kandidat menunjukkan tidak hanya pemahaman yang mendalam tentang bidang mereka tetapi juga kontribusi yang signifikan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.”

Selain presentasi disertasi, acara ini juga diisi dengan sesi tanya jawab antara kandidat dan dewan penguji, yang berlangsung dalam suasana akademis yang dinamis. Para kandidat ditantang untuk mempertahankan argumen mereka dan menjelaskan metodologi penelitian yang digunakan, menunjukkan tingkat keahlian dan pemahaman mereka yang tinggi.

Ujian promosi doktor ini diakhiri dengan pengumuman hasil ujian oleh dewan penguji. Semua kandidat berhasil lulus dengan hasil Cumlaude menandai babak baru dalam karir akademik dan profesional mereka. 2 Orang Kandidat Doktor Sugiyono dan Eko Nursalim sekarang resmi menyandang gelar Doktor, siap berkontribusi lebih lanjut dalam bidang keilmuan masing-masing.

Acara ini dihadiri oleh keluarga, teman, dan kolega para kandidat, serta para mahasiswa dan staf akademik UINSI Samarinda. Suasana haru dan bangga menyelimuti seluruh auditorium saat para kandidat menerima ucapan selamat dari dewan penguji dan hadirin.

Dengan suksesnya Ujian Promosi Doktor Perdana ini, UINSI Samarinda semakin mengukuhkan posisinya sebagai satu-satunya PTKIN di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara sekaligus Ibu Kota Nusantara.

Harapannya ujian Promosi Doktor perdana ini akan menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi dan berkontribusi dalam dunia penelitian dan pendidikan.

Ruang yang sama, Ujian Terbuka Program Doktor S-3 Prodi PAI berakhir. Sugiyono Merupakan lulusan Pertama dengan predikat Cumlaude dengan nilai 91.25 dan Eko Nursalim mendapat predikat Cumlaude Lulus ke 2 nilai 90.57 dan Resmi Menyandang Gelar Doktor. (Humas /Imuh/ns).

Related Posts

Don't Miss