Asesmen Lapangan Prodi MPI Pascasarjana UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda Dimulai, Evaluasi Komprehensif untuk Peningkatan Kualitas

Berita98 views

SAMARINDA, UINSI NEWS,- Asesmen Lapangan Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Pascasarjana UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda resmi dibuka.

Berlangsung di Aula Kampus 1 Jl. KH. Abul Hasan, Asesmen Lapangan ini bertujuan untuk melakukan evaluasi komprehensif dan menetapkan akreditasi terhadap Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Pascasarjana UINSI Samarinda.

Acara pembukaan ini tidak hanya dihadiri oleh Direktur dan Wakil Direktur atau pejabat di Pascasarjana, tapi turut dihadiri oleh Rektor, Ketua Senat, para Wakil Rektor, serta pejabat dan bagian terkait di UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda.

 

Asesmen Lapangan yang rencananya berlangsung selama dua hari ini akan melakukan evaluasi terkait berbagai aspek penting seperti Update RPS, infrastruktur, pelayanan publik, dan hal terkait lainnya. Tim assessor yang hadir diantaranya Prof. Dr. Bambang Sumardjoko, M.Pd dari Universitas Muhammadiyah Surakarta Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah dan Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag. dari UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.

Prof. Dr. Zurqoni, M.Ag., Rektor UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda dalam sambutannya menyampaikan Asesmen Lapangan ini akan membantu untuk meningkatkan kualitas mutu Prodi MPI Pascasarjana.

“Asesmen lapangan ini merupakan langkah strategis untuk memastikan bahwa penyelenggaraan kegiatan akademik pada Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) berjalan sesuai dengan rencana dan memberikan manfaat maksimal bagi seluruh stakeholder. Kami berkomitmen untuk transparansi dan akuntabilitas dalam setiap tahap evaluasi,” ucapnya.

Lebih lanjut, Asesmen Lapangan ini juga akan melibatkan partisipasi aktif dari beberapa dosen, mahasiswa dan alumni. Mereka diajak untuk memberikan masukan dan pendapat yang konstruktif mengenai asesment terkait Prodi MPI, sehingga hasil Asesmen dapat mencerminkan kondisi dan kebutuhan nyata di lapangan.

Prof. Zurqoni juga berharap melalui asesmen lapangan ini akan tercipta sinergi antara semua pihak untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Hasil akhir dari assessment ini pun akan menjadi dasar bagi perencanaan dan implementasi kebijakan yang lebih baik di masa mendatang.

Acara pembukaan ditutup dengan doa bersama agar seluruh proses asesmen dapat berjalan lancar dan sukses. (HUMAS/Im/ns)