Jalankan Fungsi Evaluasi, LPTK PPG UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda Rapat Koordinasi

Berita96 views

SAMARINDA, UINSI NEWS, –Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Program Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda gelar Rapat Koordinasi Evaluasi Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan Tahun 2023 di Aula Ruang Orchestra Lt.2, Hotel Ibis Samarinda. Kamis (13/6).

Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Kalimantan Timur yang diwakili oleh Kepala Seksi Guru, Bidang Pendidikan Madrasah Hj. Nuraini, SE. turut menghadiri Rapat Koordinasi ini.

Lebih lanjut, selain diikuti oleh Pengelola PPG UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda dan Kanwil Kemenag Kaltim, Guru Pamong yang terdiri atas Kepala Sekolah Dan Guru di Kota Samarinda juga turut menghadiri Rapat Koordinasi.

Rektor UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda Prof. Dr. Zurqoni, M.Ag. hadir secara langsung sekaligus membuka Rapat Koordinasi ini.

Prof. Zurqoni berharap pengelolaan PPG dalam jabatan di UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda semakin fokus dengan tujuan yang semata-mata sebagai bentuk kepedulian lembaga terhadap para guru yang belum mendapatkan sertifikasi.

“Sebagai praktisi dan akademisi kita memiliki perhatian dan kepedulian terhadap kolega kita para guru-guru yang sampai hari ini masih ada yang belum mendapatkan kesempatan mengikuti PPG untuk menerima sertifikasi,”  ungkap Prof. Zurqoni.

“Dengan adanya Rakor dalam hal Evaluasi ini, kita dapat memperhatikan 3 hal penting dalam pengelolaan PPG kedepannya, antara lain efektifitas, efisiensi, dan safety. Terlebih dengan pengalaman kita yang sudah melewati beberapa angkatan, poin safety dalam hal pertanggungjawaban administratif juga menjadi hal yang benar-benar harus dikelola sebaik mungkin,” lanjutnya.

“Kita sebagai pengelola, jika dianalogikan jangan menjadi pengelola yang seperti lilin yang selalu berusaha menerangi dan bermanfaat untuk orang sekitar, tapi mengorbankan dirinya sendiri. Kami berharap kita bisa menjadi lampu yang tetap bermanfaat tanpa perlu mengrobankan untuk dapat menerangi sekitar,” tutupnya.

Dekan FTIK UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Dr. M. Eka Machmud, M.Ag.,  berharap dukungan dari mitra pelaksana baik dari Kanwil Kemenag Kaltim maupun juga pemerintah daerah untuk dapat mendorong pelaksanaan PPG serta menyerap para guru-guru di daerah untuk memiliki sertifikasi.

“Kami berharap setelah kesuksesan kita bersama telah melewati Batch 1 dan 2, kedepannya kerja sama dengan Kanwil Kemenag Kaltim serta dukungan dari Pemerintah Daerah juga dapat lebih kita tingkatkan lagi, melihat pula terkait kesediaan APBN di tahun ini memang membuat tidak dapat berharap sepenuhnya, demi menyukseskan target kita menyerap banyak guru yang belum tersertifikasi khususnya di Kalimantan Timur, ungkapnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembangaan Prof. Dr. M.Nasir, M.Ag. juga berharap melalui Rapat Koordinasi ini sistem pembelajaran PPG kedepannya dapat lebih optimal untuk ditingkatkan pada angkatan berikutnya.

“Dari sisi akademik, yang telah berlalu ini kita ketahui sistem yang digunakan ialah LMS (Learning Management system) mungkin masih ada kekurangan baik dari segi SDM maupun pelayanan akademik yang kita sama-sama harapkan kedepannya juga menjadi perhatian kita untuk lebih dapat dioptimalkan guna mendukung lulusan-lulusan yang memiliki kapabilitas dan berpredikat unggul,” ungkapnya. (HUMAS/Mv/Ns)