Sambut Semester Genap, Program Pascasarjana Gelar Rapat Evaluasi dan Persiapan Kuliah

Kegiatan327 views
SAMARINDA,UINSI NEWS,- Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda menggelar pengarahan kepada seluruh dosen magister (S2) dan doktoral (S3) yang dirangkai dengan evaluasi dan rapat persiapan perkuliahan semester genap tahun ajaran 2022/2023 di Kampus 1 Jalan KH. Abul Hasan Nomor 3 Samarinda Kota, Kamis (16/2/2023).

Direktur Program Pascasarjana Dr. Muhammad Tahir, M.M. didampingi Wakil Direktur Dr. Khojir, M.SI. dalam sambutannya mengatakan dirinya sangat antusias dengan acara silaturahim sebagaimana yang diagendakan bagi seluruh dosen Pascasarjana.

“Alhamdulillah senang sekali bisa silaturahmi dengan seluruh dosen pascasarjana UINSI Samarinda. Pertemuan kali ini selain untuk mempererat hubungan interpersonal antar dosen juga untuk mewadahi berbagai masukan dari para dosen pascasarjana. Tidak hanya itu dalam kesempatan kali ini juga ada beberapa hal yang mesti diketahui bersama terutama terkait kebijakan baru dan teknis perkuliahan ke depannya,” tuturnya.

Wakil Rektor I UINSI Samarinda Prof. Dr. Muhammad Nasir, M.Ag. hadir dalam kesempatan rapat evaluasi dan persiapan kuliah memberikan arahannya terkait standar proses pada tata laksana perkuliahan di Pascasarjana.

Menurutnya, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian bersama. Diantaranya tentang proses penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang diharapkan dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

“Pada proses akreditasi terdapat beberapa hal yang harus disesuaikan ke depannya terutama terkait dengan standar penyusunan RPS yang sesuai dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Hal itu bisa dilihat nantinya pada RPS yang menyebutkan referensi terbaru yang digunakan dosen untuk menjadi rujukan bahan kuliahnya,” jelas Prof. Dr. Muhammad Nasir, M.Ag.

Selain juga dijelaskan bahwa dalam proses perkuliahan yang dilaksanakan setidaknya berpedoman pada Permendikbud nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

“Dalam Permendikbud jelas disebutkan bahwa Standar Nasional Pendidikan Tinggi merupakan satuan standar yang meliputi standar nasional pendidikan ditambah dengan standar penelitian, standar pengabdian kepada masyarakat,” jelasnya.

Diketahui Perkuliahan Semester Genap Pascasarjana akan dimulai pada tanggal 17 Februari berakhir 24 Juni 2023 dengan 16 kali pertemuan. Pelaksanaan UTS pada tanggal 04 s/d 08 April 2023 dan UAS pada tanggal 19 s/d 24 Juni 2023. (humas/tm).