Gelar Seminar Nasional, FEBI UINSI Aktif Edukasikan Keuangan Syariah Melalui Kewirausahaan

Berita509 views

SAMARINDA, UINSI NEWS,- Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UINSI Samarinda menggelar Seminar Nasional Sharia Economic Festival dengan tema “Optimalisasi Peran Generasi Muda dalam Memajukan Ekonomi dan Keuangan Syariah di Era Digitalisasi dengan Berwirausaha” di Auditorium 22 Dzulhijjah Kampus 2. Senin (18/9).

Kegiatan ini menghadirkan Wali Kota Samarinda yang diwakili oleh Asisten II Sekretaris Daerah Kota Samarinda, Sam Saimun.

“Izinkan saya membacakan isi sambutan Wali Kota pada acara Sharia Economic Festival Ekonomi Syariah yang merupakan bagian muamalah yaitu hubungan antar manusia dengan sesama manusia. Ekonomi syariah dengan seluruh sektor pendukungnya tidak bisa dilepaskan dari Al-Qur’an dan As-Sunnah sebagai sumber hukum Islam, sebagai negara mayoritas penduduk muslim terbesar dan salah satu negara dengan penduduk terbayak didunia, ekonomi syariah merupakan sebuah keuntungan komperatif yang dimiliki oleh Indonesia.“

“Oleh sebab itu, pengembangan ekonomi syariah merupakan manivestasi ajaran Islam dan kebutuhan pembangunan pengembangan perekonomian syariah di Indonesia yang akan menjadi salah satu kota penyangga Ibu Kota Negara atau Habcity IKN mutlak menjadi bahasan yang krusial. Oleh karena itu, sumber daya yang menguasai eksetensi ekonomi Islam dapat mengimplementasikan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari guna dapat bermanfaat khususnya di Kota Samarinda.”

“Selamat dan sukses atas pelaksanakan kegiatan ini. Semoga mampu memotivasi semua pihak untuk bergerak produktif dalam mencapai misi mewujudkan kota yang maju mandiri, berkerakyatan, dan berkeadilan guna mendorong terwujudnya Samarinda sebagai kota peradaban,” tutupnya.

Menanggapi hal tersebut, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UINSI Samarinda Ibu Dr. Hj. Darmawati, M.Hum. sampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh narasumber yang hadir.

“Atas nama fakultas mengucapkan terima kasih kepada narasumber yang sudah hadir. Kegiatan ini merupakan ajang dalam meningkatkan literasi keuangan syariah dan juga sebagai ajang untuk meningkatkan prestasi mahasiswa dibidang akademik dan non akademik. Kami ucapkan selamat keapda seluruh panitia yang sudah memperjuangkan kagiatan pada hari ini,” ucapnya.

“Kita harus memikirkan bagaimana bisa menciptakan SDM yang berkompeten untuk wilayah Kalimantan Timur sehingga kita tidak hanya sebagai penonton saja akan tetapi bisa bersaing untuk prospek karir di masa yang akan datang melalui festival ekonomi syariah ini,” lanjutnya.

Sambutan Wakil Rektor I UINSI Samarinda Prof. Dr. Muhammad Nasir, M.Ag. sekaligus membuka acara.

“Pertama, seluruh unsur pimpinan lembaga mengucapkan terima kasih kepada Fakultas terutama kepada Dekan Fakultas Ekonomi dan BIsnis Islam yang melibatkan banyak mahasiswa, mengaktifkan para mahasiswa untuk bisa menambah wawasan dan pengetahuan sehingga memiliki penguasaan teori hingga penguasaan empiris terutama sesuai dengan kemampuan prodinya masing-masing. Semoga acara-acara yang mendukung penciptaan suasana akademik lebih sering dilakukan di kampus ini terutama di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam,” ucapnya.

“Kedua, temanya cukup menarik, peran generasi muda untuk masa depan menjadi pengusaha, menjadi pekerja keras. Maka saya berpesan Generasi muda harus kreatif setiap waktu, harus bisa berfikir kritis, berkreasi sebanyak mungkin karena masa depan ditentukan dari apa yang kalian lakukan hari ini. Maka beruntunglah mereka yang dapat memanfaatkan potensi waktu, kesehatan, dan tempat saat ini dengan baik. Tapi jangan lupa dalam berinovasi, berwirausaha berekonomi, perbanyak mengingat Allah subhanahu wata’ala,” pesannya. (Humas/li/ns)