Pukaha UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda LP3H Bertaraf Nasional dengan Kategori Grade A pada Rakornas LP3H Se-Indonesia BPJPH Kementerian Agama

Berita47 views
JAKARTA, UINSI NEWS,- Pusat kajian halal (Pukaha) UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI) terpilih menjadi peserta rakornas Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama yang dihadiri oleh 87 LP3H se-Indonesia.

Kegiatan rakornas ini berlangsung di Jakarta selama 3 hari mulai 06 Juni sampai 08 Juni 2024. Pembukaan berlangsung di kantor BPJPH Kementerian Agama kemudian dilanjutkan di hotel Aston Pluit Jakarta.

Rakornas diisi dengan beberapa agenda diantaranya adalah seminar dan materi berkaitan dengan progress sertifikasi halal gratis self declare dan fasilitasi, juga digitalisasi sihalal dengan upgrade layanan akun LP3H cabang, pindah p3h dan pindah LP3H yang sekarang dapat dilakukan oleh masing masing LP3H.

Kepala BPJPH, Dr. Muhammad Aqil turut hadir memeriahkan rakornas tahun ini, dalam materi yang beliau sampaikan berkaitan dengan ekosistem halal Indonesia “Kita semua adalah mitra, 87 LP3H yang kami undang merupakan LP3H grade A yang bertaraf nasional dengan nilai minimal Baik, dan minimal telah menerbitkan 250 sertifikat halal.” Ungkap Dr. Aqil.

“Sinergi antar seluruh LP3H harus ditingkatkan, semuanya harus aktif meneruskan perjuangan wajib halal di tahun 2026 utk UMK yang jalur self declare, diharapkan semua LP3H bisa mempromosikan layanannya kepada dinas, instansi lembaga di daerah masing-masing, agar ekosistem halal Indonesia terus berkembang.” Lanjutnya.

Materi yang lain dilengkapi dengan informasi berkaitan dengan fasilitasi, tata cara menjadi fasilitator sertifikasi halal bagi perusahaan, dinas atau Lembaga yang ingin berkontribusi memberikan fasilitasi untuk UMK.

Kegiatan berjalan lancar dan pro aktif dari semua peserta, Maisyarah Rahmi HS, PhD selalu sekretaris Pukaha UINSI mewakili LP3H UINSI untuk menghadiri rekornas tersebut. Beliau melaporkan bahwa kini pukaha UINSI kini terdaftar sebagai lembaga pendamping PPH nasional dan telah membuka 3 cabang di provinsi Jawa Timur, Jawa Barat dan DIY Yogyakarta. “Alhamdulillah pukaha UINSI hadiri rakornas batch 3 ini, dan Alhamdulillah LP3H UINSI terpilih menjadi salah bagian dari lembaga pendamping dengan nilai kinerja baik dan telah berhasil menerbitkan lebih dari 4000 sertifikat halal sejak 2022- Juni 2024. Kita terus mengembangkan mitra dan relasi agar UMK Kalimantan Timur bisa mendapatkan Kouta fasilitasi dari lembaga atau dinas juga perusahaan yang ada di Kaltim.”

Kegiatan ini ditutup pada tanggal 08 Juni 2024. Dari hasil rakornas ini disimpulkan komitmen bersama untuk mensukseskan sehati ditahun 2025 dengan pengajuan Kouta gratis yang lebih banyak lagi. (HUMAS/PUKAHA)

Related Posts

Don't Miss