Dihadiri Prof. Zurqoni, DEMA-U Gelar Rapat Koordinasi Wilayah Kalimantan Timur

Berita68 views

SAMARINDA, UINSI NEWS,- DEMA-U UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda gelar Rapat Koordinasi Wilayah Kalimantan Timur dengan tema “Peran Mahasiswa dalam Peningkatan Partisipasi Pemilih Pemula di Pilkada 2024” yang berlangsung di Gedung Serbaguna Kampus 2 UINSI Samarinda. Kamis (4/7).

Hadir pada kegiatan ini mulai dari STIKES Mutiara Mahakam Samarinda, STIE Madani Balikpapan, Unijaya Bontang, Politani, UWGM, Poltekkes Samarinda, Universitas Mulawarman, hingga Koordinator Wilayah BEM Se-Kalimantan Timur Saudara Muhammad.

Yunita Saskia Ananta, Ketua DEMA-U UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda dalam sambutannya sampaikan memiliki kepekaan dalam merespon isu yang terjadi di masyarakat adalah hal penting.

“Penting untuk menjaga persatuan dan kebersamaan dalam menghadapi isu-isu yang ada. Sesuai tema Kegiatan Rapat Koordinasi Wilayah BEM Regional Kalimantan Timur, Peran Mahasiswa Dalam Peningkatan Partisipasi Pemilih Pemula Di Pilkada 2024, kita semua bertanggung jawab menjadi agent of control positif untuk kemajuan pendidikan dan sosial di Kalimantan Timur,” ucapnya.

“Saya mengajak rekan-rekan untuk terus mengembangkan diri dan meningkatkan kapasitas mahasiswa sebagai agent of change. Mari kita jadikan Pilkada 2024 sebagai momentum menunjukkan kepedulian, kritis, dan integritas mahasiswa Kalimantan Timur,” sambungnya.

Muhammad, Koordinator Wilayah Bem Se-Kalimantan Timur sampaikan agenda rapat koordinasi wilayah ini merupakan representasi, mengabdi untuk mengabdi bangsa dan negara khususmnya pada regional Kalimantan Timur.

“Sebagai seorang mahasiswa kita juga memiliki peran sebagai penyambung informasi ke masyarakat demi Pilkada yang lebih baik atas peningkatan dari pemuda yang memilih,” ucapnya.

“Pada pertemuan ini bersama sama kita kawal terkait isu-isu yang ada di tanah air. Diantaranya adalah perpindahan ibukota ke IKN, Pilkada, juga partisipasi langsung kepada negara melalui perumusan isu-isu yang menjadi masalah utama di masyarakat untuk selanjutnya kita bawa dan dibahas pada kongres pertemuan BEM se-Kalimantan,” jelasnya.

Selain dihadiri para mahasiswa, kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh Rektor UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Prof. Dr. Zurqoni, M.Ag.

Dalam sambutannya, Prof. Zurqoni beri semangat para mahasiswa yang hadir untuk menggunakan perannya sebaik mungkin agar dapat memberi manfaat bagi masyarakat.

“Pada saat memegang tongkat kepemimpinan, yang memimpin suatu unit atau organisasi, harus betul-betul dapat memperjuangkan organisasinya atau unitnya dengan baik. Dalam artin sesuai dengan prosedur yang sudah berlaku,” ucapnya.

“Upaya dalam meningkatkan partisipasi pemuda dalam pilkada ini patut diapresiasi. Karena tidak semua pemilih pemula atau generasi muda tahu manfaat kalau aktif dan berpartisipasi dalam pelaksanaan pilkada yang notabene memilih pemimpin pada tingkatannya di masing-masing daerah karena pilihan yang tepat akan menentukan pengelolaan yang tepat juga,” jelasnya.

“Posisi kita sebagai makhluk sosial yang perlu koordinasi, maka kegiatan hari ini perlu ada pembahasan penguatan organisasi dan kepemimpinan. Koordinasi perlu di intensifkan dalam upaya mewujudkan cita-cita soal pelaksanaan pilkada, IKN, dan bahkan distribusi APBN yang mesti diselesaikan bersama-sama untuk menemukan jalan keluar dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bukan hanya untuk mahasiswa tetapi juga untuk masyarakat,” sambungnya. (Humas/Lutfi)